Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi dan Anak

 Selamat pagi sobat kreatips. Salam hangat. Apa kabar nya hari ini? Semoga kita dalam keadaan baik- baik saja. Siapa disini sudah mempunyai anak baik laki-laki maupun perempuan? Semua sama ya tidak ada beda. Jika belum di berikan momongan semoga ditahun ini di segerakan. Aamiin.

Kali ini idekreatips akan membahas batuk pilek atau bapil pada bayi, kita sebagai orang tua akan sangat terganggu jika si kecil terpapar bapil yang sangat mengganggu si kecil pada saat bermain dan beraktivitas lainnya apalagi waktu ia mau tidur. Bapil merupakan penyakit yang paling sering dialami pada bayi dan anak-anak. Batuk pilek sendiri menjadi refleks tubuh si kecil yang bertujuan untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran pernapasan. 

Bapil pada umumnya akan sembuh jika anak diistirahatkan selama beberapa hari kedepan, namun nyata nya si kecil tidak akan mengerti apa itu istirahat dan lebih asyik memilih bermain dan berlari kesana kemari hahaha… ok baik lah.

Di lansir dari Instagram dr. Citra Amelinda, SpA,IBCLC, MKes selaku dokter spesialis anak pernah membagikan informasi seputar batuk pilek pada bayi dan anak yang mana disebutkan bahwa bapil dapat sembuh dalam kurun 2 minggu dengan sendiri nya. Namun jika dialami pada anak di bawah 3 tiga tahun dr. Citra menjelaskan kepada para orang tua agar tidak memberikan obat batuk pilek pada anak usia di bawah 3 tiga tahun tersebut. Lantas apa saja obat batuk pilek yang bisa Mom berikan pada si kecil dan anak-anak sebagai penanganan nya?

Berikut idekreatips sudah merangkum informasi seputar obat bapil by dr. Citra Amelinda

1. Paracetamol 

Meski batuk pilek umumnya sembuh seiring tubuh si kecil diistirahatkan namun diusia enam bulan biasa nya bapil pada juga disertai naiknya suhu tubuh dalam arti si kecil akan merasakan demam dan rewel, dan mama bisa memberikan obat paracetamol sesuai dosis yang tertera.

2. Cairan Saline

Cairan saline atau sejenis semprotan hidung merupakan larutan air garam yang biasa digunakan untuk melembabkan saluran pernapasan dan melunakkan lendir (ingus) saat ingus sudah melunak Mom bisa melakukan sedot cairan pada hidung bayi menggunakan alat sedot atau alat aspirator bayi. Semprotan hidung ini banyak di jadikan obat pilek yang aman dan efektif.

3. Pemberian ASI pada bayi

ASI merupakan asupan utama pada bayi dan satu-satunya susu pertama sejak lahir, ASI memiliki suatu senyawa yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari virus penyebab batuk pilek, Mom bisa memberikan asi sebagai obat alami yang efektif mengatasi bapil pada si kecil.

4. Penggunaan Pelembab Ruangan

Selain obat, salah satu nya adalah alat pelembab ruangan atau humidifier yang dapat di pasangkan pada ruangan kamar sehingga di dalam ruangan terdapat kelembaban alami,meski sering digunakan untuk melegakan pernapasan si kecil, namun perlu di perhatikan juga kebersihan akan alat pelembab ruangan tersebut ya.

5. Rutin Membersihkan Lendir (ingus) pada bayi dan anak

Selain metode di atas Mom juga harus rutin membersihkan cairan ingus pada bayi dan anak, sehingga bayi dan anak dapat bernapas lega dan lancar, Mom juga bisa membersihkan nya dengan cutton bud atau tisu yang soft serta kapas yang sudah di basahi dengan air hangat kemudian usap pada hidung bagian kerak ingus secara perlahan, 


Mungkin itu saja beberapa cara pencegahan dan pengobatan batuk pilek pada bayi dan anak-anak.


Sharing is caring.

Terima kasih.



Comments