Beberapa Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Fakta Menariknya


Selamat pagi sobat idekreatips salam hangat. Mau sedikit bahas fakta wortel nih.. Wortel atau sejenis sayuran umbi-umbian dan terkenal sebagai makanan yang mampu atasi gajala atau dapat mengobati permasalahan pada mata. Selain itu wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan mata, terlebih wortel banyak mengandung vitamin didalamnya dan aman dikonsumsi bagi segala usia. Jenis sayuran orange ini ternyata mempunyai warna selain warna orange yaitu, kuning, ungu, putih dan merah, unik bukan? 
Ngomong-ngomong soal tekstur, wortel lebih renyah dan sangat gurih, selain itu juga wortel kaya akan vitamin, serat, antioksidan, dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Mari kita bahas fakta unik tentang wortel
1. Dari banyak sekian sayuran yang ada, wortel merupakan paling banyak mengandung vitamin A sehingga 100gr wortel akan mencukupi kebutuhan harian sebanyak 104%

2. Wortel mempunyai 100 spesies lebih yang bisa dikonsumsi. 

3. Rata-rata manusia akan mengkonsumsi wortel sebanyak 10.800 selama masa hidupnya. 

4. Wortel terpanjang didunia dengan ukuran 5.821 meter dan di kategorikan sebagai wortel terpanjang yang pernah ada. Dan Wortel terberat yaitu 8,91kg ketika ditahun 1998.

5. Dan tak kalah uniknya lagi daun wortel dapat di jadikan sebagai aksesoris penampilan yang digunakan dinegara Inggris pada abad ke-17

Maaf sobat kreatips foto uniknya belum bisa kita post/tampilkan untuk sementara.

Kandungan Wortel
Wortel terdapat kandungan yang lengkap didalamnya serta dilengkapi alfakaroten dan dua karotenoid serta betakaroten yang dapat di ubah oleh tubuh menjadi vitamin A. 

Manfaat Lain dari Wortel
Wortel dapat mengobati kerusakan pada organ hati karena stress oksidatif sehingga mengkonsumsi sayuran wortel yang tinggi akan betakaroten dapat merangsang serta mendukung fungsi hati. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. Wow ada wortel yang panjangnya 5,8 kg, singkong saja kalah ya. Ada juga yang beratnya melebihi berat nahan rindu ke pacar.🤣

    Berarti makan wortel satu biji bisa mencukupi vitamin A ya.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw mas Agus ada-ada aja. Nahan rindu gak seberat itu juga mas, yang berat itu nahan tawa. Hahahahaha

      Delete
  2. luar biasa ternyata varietas wortel samoenratusan ya mas eko...bahkan tak kusangka ada yang warnanya di luar oren...ada yang merah, kuning, ungu...putih...kalau putih teringat lobak sih cuma wortel lebih kurus ketimbang lobak yang gede ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tau kak mbul kalo wortel banyak varian nya, lobak juga hampir sama, tapi yang sering diminati mungkin wortel ketimbang lobak, sesuai kebutuhan juga sih. Hehe

      Delete
  3. Panjang juga wortelnya bisa mencapai 5 meteran something yaaa . Aku TD sampe google wortel terpanjang ini , ternyata ditanam di Inggris. Awalny jujur sempet ragu ini panjangnya 5 ribuan meter lebih, atau 5 meteran lebih, karena perbedaan penggunaan titik dan koma di bagian angka yg beda antara Indonesia dan negara lain. Ternyata maksudnya 5 meteran Yaa 😅..

    Baru tau loh mas ada wortel warna lain. Krn selama ini mikirnya kan Oren, kalopun ada yg putih, disini biasa nyebutnya lobak 😁. Wrna lainnya aku belum pernah lihat. Wortel jujurnya bukan sayuran favoritku. Dulu termasuk susah kalo mama masak sayurnya wortel. Tapi kau masih mau makan kalo wortelnya dipotong keciiiiil jadi ga begitu berasa 😅. Untungnya sih anak2ku doyan Ama wortel 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga awalnya gak yakin ada varian wortel yang begitu banyak mulai dari bentuk dan warna dan mungkin juga rasa kali ya, kak Fanny sama seperti saya, saya juga kurang suka sama wortel tapi kalo di sup mau sekali kak apalagi perpaduan sama kentang dan sayur lainnya.
      Salam buat anak-ana nya ya kak. Terima kasih.

      Delete
  4. wortel memang banyak khasiatnya ya mas terytama untuk mata
    enak banget dibuat jus atau dibuat masakan lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jus wortel saya belum pernah cobain mas, hihi di jus pasti lebih banyak khasiatnya ya mas. Makasih mas Rudi

      Delete
  5. Salah satu sayuran kesukaanku sih ini, rasanya enak dan menyehatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Rudi semua suka wortel, wortel is worth it. Hehe

      Delete
  6. Aku termasuk yang doyan banget wortel hihihi, dulu wortel mentah aja aku doyan, tapi skrg udah ga hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang mentah aja doyan apalagi yang masak, luar biasa kirain cuma tomat aja yang orang-orang doyan makan mentah. Thanks kak Meta

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.