Waspadai Dampak Negatif Pada Kulit Jika Kita Kurang Tidur


                Sumber Foto : hijab.dream

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Salam hangat. Waspadai jika kita kurang tidur, ternyata kurang tidur dapat mempengaruhi kondisi kulit kita. Bicara soal tidur, ternyata merupakan sebuah rangkaian rutinitas kecantikan yang sangat mempengaruhi kondisi kulit, dilansir dari seorang pakar bernama Jessica Krant,MD, dari Suny Downstate Medical Center. 

Apa sih penyebab kurang tidur pada kondisi kulit kita.? 

Tidur malam yang cukup dapat membantu kulit menjadi lebih sehat, secara spesifik kebiasaan tidur yang cukup pada malam hari dapat memberikan efek samping yang positif, seperti halnya dapat membantu membersihkan kulit dari noda-noda hitam dan kusam. 

Sebaliknya juga jika rutinitas tidur yang kita jalani tidak lah baik maka dapat menimbulkan permasalahan pada kulit. Pasalnya kurang tidur menyebabkan peningkatan hormon stres, inflamasi pada bagian kulit dan peradangan didalam tubuh dan akan terjadi efek negatif pada kulit tersebut. 

Berikut beberapa efek yang terjadi pada kulit jika kualitas tidur tidak baik. 

1. Kantung mata yang mengendur

Perhatikan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan kulit kantung mata menjadi kendur, hal tersebut ternyata diperburuk dari rusaknya keseimbangan hidrasi tubuh akibat kurang tidur, bukan hanya mengendur tetapi kantung mata dapat membengkak dan membentuk setengah lingkaran di bawah mata dan mengkerut, serta menghitam dengan kondisi kulit yang kering. 

2. Kulit menjadi sensitif

Peningkatan inflamasi pada kulit yang di sebabkan kurangnya rutinitas tidur, dapat mempengaruhi kondisi kulit yang secara khusus merubah kulit menjadi lebih sensitif, efek tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi yang dapat merusak kondisi kulit tersebut. 

3. Sebagaimana telah disebutkan diatas dampak negatif dari kebiasaan kurangnya tidur ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, alhasil peradangan di dalam tubuh meningkat dan penyakit kulit pun sangat rentan terjadi dalam waktu yang singkat. 

4. Kulit menjadi tidak natural

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang natural, jika tidak kualitas tidur tidak baik maka harapan tersebut sangat jauh apa yang kita harapkan, hal ini disebabkan peningkatan aktivitas pada pemecahan kolagen dan asam Hialuronat dimana kedua molekul tersebut sebenarnya bermanfaat untuk menghasilkan kulit yang bersih dan cerah. Namun, melakukan aktivitas yang biasa memakan waktu sampai dengan larut malam hingga kurangnya jam tidur membuat kinerja menurun sehingga manfaat positif tersebut tidak dapat dirasakan. 


Semoga Bermanfaat. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. Benar pendapat diatas, kulit jadi kusam kalau kurang tidur daan .. lama kelamaan jadi mata panda, alias menghitam dibagian bawah mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Him, dan juga banyak sekali efek dari kurang tidur ini mas, iya itu salah satu nya mata panda membuat kantung mata mengkerut.

      Delete
  2. Akhir-akhir ini setiap bangun tidur, kulit seringkali berminyak. Tapi memang saya sudah tidur tapi terbangun di pagi hari, karena memang ingin mengerjakan suatu kerjaan yang belum selesai kemarin.. Aman tidak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berminyak mungkin proses mekanisme kulit pada saat kita tidur mas, kalo memang ada tugas yg mungkin harus di kerjakan mungkin tidak jadi masalah karena itu suatu pekerjaan yang penting mas.

      Delete
  3. memang tidur harus cukup mas eko, supaya nutrisi kulit terpenuhi biasanya jelang tidur aku tambahin ritual cuci muka, oles serum dan cream malam maka esok harinya dijamin kulit wajah dan leher tetap kenyal...ya biasalah pake produk sebelah xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yakin kalo sama kak mbul, soalnya udah terbukti sama wajah ayu nya, hehe lanjutkan kak mbul ritual nya biar makin glowing.

      Delete
  4. betul kurang tidur mempengaruhi kesehatan kulit

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.