Tips Simpel Mengatur Keuangan Anda Di Tahun 2021


                 Sumber Foto : cermati.com

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Melalui hari demi hari rasanya sangat cepat sekali, dengan keadaan seperti inilah bisa kita simpulkan bahwa, hari demi hari dan waktu demi waktu adalah sebuah peluang dan alasan untuk kita lebih memperhatikan soal keuangan di hari ini. langkah awal yang tepat adalah menabung, siapapun suka menabung tapi jika ada yang ditabung kalo tidak ada, Apa yang mau ditabung? Haha scroll lageee... 

Menabung adalah salah satu usaha untuk menanamkan pendapatan secara langsung untuk masa depan, hanya saja proses dan secara mekanismenya sesuai dengan nominal yang kita tabungkan dan tidak akan bertambah jika tidak kita tambah. Cukup disini paham?? Hahaha Oke kalo begitu Lanjuuuuttt... 

Beda hal nya dengan berinvestasi, pengertian investasi adalah, cara menempatkan dana didalam satu periode untuk mendapatkan suatu keuntungan dimasa depan nantinya. Jenis investasi ini bermacam-macam dan sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. 

Yang perlu di perhatian adalah, bagaimana cara kita mengatur keuangan? Terkadang kita terjebak di zona nyaman, artinya terjebak pada zona yang membuat kita boros dan tidak memikirkan budget tersebut. Pada prinsip nya keuangan harus di atur sesuai dengan kebutuhan kita dan keluarga, hendaknya diterapkan sistem manajemen keuangan pada satu keluarga. Aktifitas yang biasa dilakukan dengan pemborosan akan berdampak banyak faktor dalam keluarga, dan tanpa disadari kita telah lalai dalam mengatur keuangan kita untuk sehari-hari. 

Untuk memulai atau membangun keuangan agar lebih stabil, ada baiknya kamu menerapkan tips berikut ini. 

1. Menabung

Menabung bukanlah hal yang mudah, tanpa niat, menabung tidak akan berjalan lancar, sebenarnya menabung wajib hukumnya, tapi untuk kamu yang benar-benar paham dan peduli dimasa depan. Bukan berapa jumlah yang tersisa untuk ditabung melainkan berapa sisa setelah ditabungkan dan sisa itu sebaiknya di tabung kan lagi. Ngerti maksudnya? Paham ya kan.. Hahaha

2. Buat Catatan Kecil

Artinya dengan membuat catatan kecil ini kamu bisa mencatat semua pengeluaran untuk kebutuhan kamu sehari-hari secara detail dan rinci, terus coret yang tidak perlu, di jaman modern seperti ini bisa kamu catat dengan note pada gadget kamu, praktis bukan, mungkin dengan metode ini keuangan kamu akan baik dari sebelumnya, dan jangan dianggap sepele dengan pengeluaran kecil, karena sekecil apapun pengeluaran, ya tetap duit... Begettoooo.. Lanjuuuttt.... 

3. Hemat 

Nah ini yang sulit, termasuk tipe saya juga ni, sering kali terlintas untuk menjadi seperti mereka yang punya segalanya, terkadang kita merasa ketertinggalan akan hal tersebut, dan akhirnya saya memahami, saya rasa mungkin mereka yang punya segalanya bukan berasal dari keringat mereka melainkan emang dari anak orang kaya, atau memang terlahir dari orang yang mampu. Dari sini kita tahu bahwa banyak faktor yang menjadikan mereka seperti itu, dan tentunya kita harus menanggapi nya dengan besar hati dan tetap stabilkan ego untuk tidak kearah itu, menuruti kemauan sendiri dan tidak ada progres ke depan itu adalah hal yang fatal, menahan keinginan mungkin lebih baik ketimbang kita harus sekarat setelahnya. Paham? Paham dong.. 

4. Belajar Dari Masa Lalu

Hal ini sangat penting, mungkin diantara kalian sudah mengalami situasi darurat masalah keuangan, maka dari itu belajarlah dari masa lalu, karena itu sebuah pelajaran yang terbaik buat kamu. Jika kamu menerapkan beberapa hal diatas mudah-mudahan untuk proses kedepannya lebih baik dan masa depan kamu tidak akan terganggu dengan masalah keuangan. 


Semoga bisa. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. yang paling sulit mencatat keuangan sih kalau aku...soalnya kadang shocked aja...perasaan ga beli macem macem tapi begitu dirinci kok tetep banyak pengeluaran hahhaha, biasa listrik, air, telpon, wifi...dan bla bla blanya...belanja bahan makanan, sembako dll

    tapi kalau nabung kuusahakan agak ketat, seminimalnya ada porsi sekian setiap bulannya. Awalnya memang susah...tapi kalau dibiasakan lambat laun akan jadi mudah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan aja ya kak mbul pengeluaran kecil karna belum tau grandtotal nya, pas udah di total gak nyangka sebesar itu, tapi kalo untuk kebutuhan primer gak jadi masalah sih kak.

      Delete
  2. dulu aku sering catet pengeluaran sekecil apapun ke notes. kadang masih suka bablas nggak nyatet juga. cuman kalau ga dicatet, pas giliran mau rekap duit kok ya cepet banget abisnya, perasaan kayak ga belanja yang aneh aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga duit kak selalu ada jalan, hehe tetap semangat dan tetap irit kak Ainun Hehe

      Delete
  3. Kalau aku akhir2 ini sering kebobolan di makan, akibat sering banget makan di tempat makan yg mahal atau melebihi budget, padahal kalau mau masak pasti hemat bgt, tapi pengennya jajan mulu hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera aja, apa permintaan selera kalo budget mencukupi it's okay. Hehe

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.