Tips Menghilangkan Bekas Jerawat dan Penyebab Timbulnya Jerawat


                 Sumber Foto : sehatq.com

Idekreatips.com - Selamat pagi Sobat Kreatips. Salah satu penyebab seseorang tidak percaya diri adalah jerawat, ya jerawat salah satu penyebab yang keberadaan nya tak jauh dari sekitaran muka. Jerawat sering kali membuat kita tidak percaya diri, selain warna nya yang kemerahan dan jerawat ini juga menimbulkan efek gatal. Kenali penyebab jerawat pada bagian muka, banyaknya faktor yang akan timbulnya jerawat salah satunya adalah faktor usia, ketika kita beranjak dewasa jerawat mulai timbul dengan perkembangan hormon yang tidak stabil. Hal ini sudah banyak terbukti pada anak-anak yang beranjak dewasa. 

Hal lain disebabkan timbulnya jerawat adalah, polusi udara, paparan sinar matahari langsung dan debu yang menempel yang menyebabkan iritasi pada kulit bagian muka kita, dan dapat menimbulkan gatal kemudian tumbuh sebuah jerawat. Jerawat juga bermacam-macam jenis diantaranya adalah jerawat batu, jenis jerawat batu ini jerawat yang bentuk nya sangat besar seperti biji jagung, jerawat batu juga sangat mengganggu karena ukuran nya yang lebih besar. Jenis lainnya adalah jerawat yang warna nya merah dan merambat pada bagian muka secara keseluruhan pada bagian muka tertentu. Hal ini disebabkan oleh iritasi dan keringat yang menempel dan menyebabkan jerawat berkembang dengan cepat. 

Cara pencegahan jerawat pada bagian muka dapat dilakukan dengan cara, kurangi sentuhan langsung dengan jari tangan ketika jerawat menimbulkan rasa gatal, jari tangan yang kotor dapat menyebabkan kuman yang bersarang pada jerawat dan menimbulkan pertumbuhan jerawat secara cepat. Usahakan gunakan tisu atau kain lap yang bersih untuk menggaruk jerawat tersebut. Pastikan tangan bersih dan bebas kuman. 

Ketika Anda mandi pakailah pembersih wajah yang banyak mengandung vitamin guna untuk pencegahan timbulnya jerawat dan membersihkan pori-pori yang kotor. Selalu hindari debu dan polusi udara agar tidak langsung terkena bagian muka. 

Setelah kita melalui penyakit jerawat ini terkadang jerawat meninggalkan bekas pada muka, bekas pada jerawat ini terlihat seperti plek hitam yang susah di bersihkan. Berikut ada tips untuk menghilangkan bekas jerawat pada muka. 

Bicara soal baking soda, ternyata baking soda dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Bukan hanya bekas jerawat, baking soda juga membantu meratakan warna kulit yang belang akan paparan sinar matahari, baking soda sendiri mempunyai kandungan pencerah yang fungsinya dapat memudarkan noda hitam pada muka. 

Baking soda sebenarnya bahan untuk memasak, dan penggunaan baking soda juga tidak sembarangan, karena baking soda memiliki zat yang sedikit keras, maka dari itu tidak semua kulit wajah dapat menggunakan baking soda ini, dan harus melalui proses dan karakter kulit seperti apa yang bisa di pakai untuk cara ini. 

Melansir dari Medica News Today beberapa penelitian ilmiah telah meneliti manfaat kesehatan dari bahan baking soda dan perasaan air lemon ini secara terpisah, tetapi tidak ada banyak peneliti untuk mendukung efek gabungan dari kedua bahan ini. Baking soda juga sangat di kenal sebagai zat natrium bikarbonat, berarti bahwa ketika orang melarutkan baking soda kedalam air itu akan membentuk larutan alkali, misalnya larutan 0,1 molar baking soda memiliki PH sekitar 8,3 sedangkan air lemon mengandung asam sitrat yang memiliki PH sekitar 3.

Menambahkan baking soda ke dalam perasan air lemon akan meningkatkan PH untuk menghasilkan solusi yang lebih netral. Alhasil : campuran tersebut bisa digunakan untuk perawatan kulit. 

Adapun bahan pendukung lainnya untuk membuat baking soda menjadi sebuah krim atau pasta yang nantinya akan di oleskan pada bagian muka. 

Bahan yang diperlukan :

1. Baking Soda. 

2. Perasan Air Lemon

3. Pelembab yang mengandung SPF

Cara membuat pasta atau krim baking soda ialah :

Tuangkan baking soda kedalam suatu tempat lalu campurkan dengan perasan lemon, kemudian aduk rata hingga menjadi pasta atau krim. Cara membuatnya sangat sederhana sekali bukan. Sebelum menggunakan pasta baking soda, ada baiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. 

Oleskan pasta baking soda pada permukaan kulit wajah yang basah atau lembab, tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih, dan tak lupa untuk menyelesaikan dengan serangkaian perawatan dengan pelembab ber-SPF tadi. 

Anda dapat melakukan hal ini seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya. 

Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. aku waktu itu pernah ada jerawat 1 biji tapu alamak gatel pengen takpencet soalnya kayak biji jeruk di pipi gembilku ini hadew hahhaha...ya pernah aku kasih trik dengan perasan jwruk nipis, bukan lemon sih soale lemon mahal huhu...tapi perihnya Ya Alloh ampe monangis sayaaah ahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pedih banget itu kak mbul, untung gak terjadi iritasi kulit bagian muka kakak,
      Tapi sekarang udah banyak perawatan skincare kak jadi lebih efektif. Thanks kak mbuk. ☺

      Delete
    2. benar sekali mas eko, untung aja alhamdulilah nda mbekas, uda pudar hehehehe..tapi ya kadang nungul lagi kalau lagi masa period ya tapi ntar ilang dengan sendirinya sih

      tapi memang sih yang lebih praktisnya pakai obat jerawat macam verile, dijamin cepet ngempis..kalau yang alami memang nda bgitu instan :D

      Delete
  2. Baru tau kalo baking soda bisa diaplikasikan untuk menghilangkan bekas jerawat, makasih buat ilmunya Kak. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas, Sama-sama, makasih juga sudah maen berkunjung lagi. ☺👍🙏

      Delete
  3. Kalau aku lagi ada jerawat, aku prefer pakai obat jerawat saja kak huahahaha
    Soalnya ga repot musti bikin dulu dan obat jerawat yang dibeli pun bisa dipakai berbulan-bulan karena isinya banyak heehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak Priska, kalo ada yang praktis kenapa mesti ribet ya kan kak, hehe.
      Makasih kakak sudah mau mampir lagi. 🙏☺

      Delete
  4. Bekas jerawat memang kadang meninggalkan flek hitam
    Wah ternyata baking soda mampu menghilangkan bekasa jerawat
    Terimakasih atas artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, Mudah-mudahan bisa menjadi pengobatan ringan untuk atasi bekas jerawat ya mas, oke mas sama-sama 🙏☺

      Delete
  5. Saya seringnya nggak pake apa-apa, hilang begitu saja, meski ya agak lama sih, mungkin kegilas skin care yang saya pakai kali ya.
    Saya jerawatan tuh selalu saya pencet, soalnya kalau enggak, bekasnya malah jadi kayak gundukan hitam yang ada isinya gitu. alhasil bekasnya jadi kayak luka, tapi syukurlah nggak bertahan lama bekasnya memudar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener itu kak Rey, kalo rajin skincare pasti noda hitam atau flek bekas jerawat tentu akan lenyap kak, semoga makin cantik kak Rey dengan skincare nya, hehe

      Delete
  6. ooh pas zaman masih gadis, saya rajinnya mengoleskan air perasan jeruk nipis ke wajah yang jerawatan. Baru tahu lho kalau ternyata lebih efektif ditambah baking soda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dulu orang kira baking soda hanya untuk bahan membuat kue atau makanan ya kak, boleh lah di coba dulu kak, mana tau bisa serasi. Thanks kakak atas kunjungan nya. ☺🙏

      Delete
  7. Oh ternyata baking soda bisa untuk menghilangkan jerawat dengan dicampur air lemon dan pelembab yang mengandung SPF.

    Kalo aku dulu ngga pakai apa apa jerawat hilang sendiri, tapi lama hilangnya.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas Agus, saya malah biarin aja tu jerawat, Kira-kira mana yang lebih betah,dan siapa yang akan kabur jerawat atau saya wkwkwkw... 🤣🤣🤣

      Delete
    2. Soalnya ada yang bilang kalo dikasih obat nantinya hilang tapi cepat balik lagi jerawatnya.😂

      Delete

  8. Dulu saya jerawatan parah - parahnya itu pas SMP & SMA gitu , tapi ya??? Sekarang udah gak lagi semenjak ku rutin bersihkan wajahku dengan masker beras + rutin juga gunakan produk dari Viva.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, hal yang memanjakan diri untuk perawatan pribadi, saya yakin kak Tari sampai saat ini tetap makin glowing wajah nya. Hehehee☺

      Delete
  9. Dulu sama ibu suka disuruh kompres pake air lemon kalo lagi jerawatan wkwkwk tapi malah kayak perih ga siih apa karena itu pure lemon doang ya ga dicampur apa-apa lagi?

    Dulu waktu remaja aku jerawatan sampe bruntus gitu lhoo untungnya sekarang enggak gitu lagi sih.. Intinya ga boleh males cuci muka sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin pure lemon kak, tanpa ada campuran seperti baking soda dan pelembab lainnya.
      Yaps, bener itu kak, harus rajin cuci muka, biar bakterial gak mudah nempel, makasih kak Eya ☺

      Delete
  10. Menarik nih dan perlu dicoba..😊😊

    Thanks banget sob sudah berbagi info sehat.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas Satria, selamat mencoba ☺
      Sesama sahabat harus saling berbagi mas. Makasih mas.

      Delete
    2. Cuma makasih saja kang, ngga ngasih pulsa? 😂

      Delete
    3. Berhubung gak ada nope nya ya terpaksa kasih makasih aja mas Agus 🤣🤣🤣

      Delete
  11. cuma baking soda sama perasan lemon OMG, segampang itu, btw baking soda sama soda kue koepu-koepu itu sama nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah ya kak, mungkin juga butuh proses dan tidak drastis hilang kak, mungkin ini hanya solusi pengobatan/perawatan ringan saja.
      Oh iya saya gagal fokus di panggil mbak 😓 saya kan laki-laki. 😁🤣

      Delete
  12. Kalau udah ada jerawat itu bikin rese banget, udah gatel, tapi kalau digaruk malah nnti tambah banyall. bete dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mas, itu salah satu penyebab kita tidak pede karena jerawat, boleh di garuk tapi pake tisu atau kain yang halus mas, agar tidak secara langsung bersentuhan dengan kulit kita yang kotor, soalnya walaupun udah cuci tangan yang bersih terkadang masih saja ada kuman yang tak terlihat oleh mata. Terima kasih atas kunjungan nya mas Andrie. 🙏☺

      Delete
    2. Duhhh ternyata pake tisu yaa, padahal saya sudah cuci berkali-kali sampe kinclong lalu dikasih hand sanitizer biar terhindar dari kuman-kuman lainnya. Tapi pasti ada yang tertinggal gitu ya walaupun cuma sedikit, amannya memang harus pake tisu atau kain sih..

      Delete
  13. sebagai seseorang yang memiliki kulit acne prone selama 10 tahun, I can say jerawat adalah teman baikku. wkakaka..
    well, kalau aku lebih fokus, apa faktor penyebab kamu memiliki jerawat?
    coba difokuskan ke itu dulu. supaya tau asal muasalnya dan kedepannya kita bisa mencegah jerawat muncul lagi.

    selain langkah pencegahan, ada lagi yaitu kesabaran. punya muka berjerawat itu suka bikin g sabar, pingin dipencet, dipegang-pegang, dan hal lain yang memicu infeksi, lalu menyebar ke seluruh muka. seperti yang kamu jelaskan, kebersihan itu penting banget. jari kotor, sarung bantal yang g pernah ganti, handuk yang dipakai jarang dicuci, ini bisa jadi sarang bakteri penyebab jerawat.

    so please.. merawat kulit itu bukan untuk perempuan, tapi semua manusia. mau apapun gendernya, jaga kebersihan itu penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw, 10 tahun bukan persahabatan yang sebentar, itu udah kayak teman hidup, wkwkwk😁😁😁 kidding kak.

      Iya bener apa yang kak pipit bilang, harus nya sadari dulu apa penyebab dari masalah jerawat ini, dan masih banyak lagi faktor yang buat jerawat makin betah, kesabaran itu penting sekali kak, tapi terkadang rasanya kayak risih begitu kalo gak di pencet tu jerawat.

      Tentu saja kak, bukan hanya perempuan tapi untuk semua gender, tapi setidaknya di utamakan untuk perempuan dulu kali ya. Biar lebih modis dan cantik 😊kalo cowok mah apa, udah perawatan kulit muka eehh besok nya malah maen layangan panas panasan. 🤣🤣🤣

      Delete
  14. Wah.. bisa bikin sendiri ya obat jerawatnya, jadi gak perlu beli skincare yang mahal-mahal.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sekedar perawatan ringan kak, hehe makasih sudah berkunjung kak. 🙏

      Delete
  15. Aku sebenarnya gakpapa aja kalau jerawatan, Mas Andy. Ada kemerahan, rasa sakit, dan gak nyaman di wajahku gara-gara jerawat, aku pun gakpapa. Yang bikin kzl tuh omongan orang yang dengan sesumbarnya bilang kalau wajahku parah banget dan gak estetik sama sekali itu, lho. Kalau gak ada yang bilang gitu sih aku pede-pede aja dengan segala jerawat yang ada di wajahku.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak Roem, sebenarnya emang udah proses nya kali ya jerawat tu tumbuh, bukan kakak aja yang kesel saya juga kesel kak kalo orang bilang gitu, sabar aja kak Roem, ntar buktikan sama mereka kalo kak Roem tampil beda tanpa jerawat, hehe makasih kak sudah berkunjung. 🙂☺

      Delete
  16. baru tahu ternyata baking soda juga ampuh ya untuk membasmi jerawat, dulu saya sering sih jerawatan, tapi sekarang udaah enggak lagi dan smoga tidak ada lagi kedepannya, he-he, info yang bermanfaat nih buat saya dan para remaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak kak Kuanyu, saya panggil gitu gak apa-apa kali ya kak, salam kenal kak, Terima kasih sudah mampir kesini kak. ☺ semoga tambah sukses ya kak.

      Delete
  17. Dulu waktu pas masih ABG.. ehhh yah skrang masih ABG juga sih.. wkwk
    Jerawatku buanyaakkk kaya balon di muka..
    Smpe ke dokter, tapi yah dokter nggak pernah ada yg ngasih obat...
    Jadi, paling Ibu ngebeliin sabun pepaya buat di muka.. Tapi pas masuk SMK sama kuliah, tau2 berkurang... Padahal sabun muka yah cuma garnier anti minyak..
    Smpe skrang, muka paling sabunan, sama maskeran tiap libur kerja.. hahahah

    ReplyDelete
  18. Dulu pas masih mulai puber aku pengen banget jerawatan kaya yang lain, sekarang pas mulai menua kok risih banget liat jerawat satu aja. Sempet punya jerawat batu yang gak ilang-ilang sejak lama, akhirnya aku iseng tusukin pake jarum, alhamdulillahnya gak iritasi dan bisa ilang.

    ReplyDelete
  19. Halo kak. Wah infonya menarik. Kalo masalah jerawat salah satu cara saya biasanya cuma maskeran pake sheetmask padahal itu gak begitu kasih pengaruh untuk menghilangkan noda bekas jerawat 😅 dan saya baru tahu baking soda bisa dijadikan bahan untuk menghilangkan noda. Omong-omong soal penyebab timbulnya jerawat, stres juga bisa jadi penyebabnya terutama untuk saya dibagian dahi, stres pikiran haha. Ini yang sulit di kontrol kak.

    Terima kasih ya infonya bermanfaat sekali!

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.