Tips Memilih Angle Kamera


              Sumber Foto : gagastekno.com

Idekreatips.com - Selamat pagi sobat Kreatips. Kamera kedengerannya sudah tidak asing lagi, beberapa orang di Indonesia sudah banyak menjadi seorang photograper, selain untuk sebuah job pekerjaan bisa jadi untuk mewakili sebuah moment. Yang pertama kita tentunya harus tau soal kamera itu apa sih, bukan hanya sekedar potret sana potret sini tapi pahami fasilitas yang terdapat pada kamera tersebut. Banyak sekali efek daripada sebuah kamera baik kamera DSLR maupun kamera digital, tapi kedua kamera ini sangatlah jauh berbeda fungsinya. 

Yang pertama dampak psikologis nya adalah masalah Angle, Angle Kamera sangat berkaitan dengan sebuah persepsi seseorang, jika kamu merasakan sebuah mood yaitu mood ketika Anda sedang marah atau emosi maka setiap bidik yang diambil sangat berpengaruh, tetaplah fokus setiap mengarahkan sebuah bidikan pada pengambilan gambar tersebut. 

Subjektif atau Objektif
Dari sekian berbagai sudut pandang kamera akan selalu muncul pertanyaan, kemana penonton akan dibawa? dan apakah itu hal yang subjektif atau objektif? 

Ada banyak jenis Angle Kamera yang dapat kita pahami secara sesama. Dan pikirkan dulu apa yang harus ingin kamu sampaikan dalam hal membidik suatu sasaran pengambilan gambar target tersebut,maka hal itu barulah Anda bisa memilih Angle Kamera apa yang paling tepat. Tips Memilih Angle Kamera dan Angle Kamera apa yang sering kita gunakan saat ini. 


1. The Low Angle
Low Angle adalah suatu keadaan dengan sudut pandang lebih rendah dan foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang dan tengah lebih dalam. Intinya sang fotografer dapat memiliki 3 dimensi dari 2 dimensi gambar. Cukup Paham ? Low Angel juga dapat membuat perasaan dimana subjek foto besar, berwibawa atau bahkan mengancam. 


2. The Front Angle
Pada dasarnya setiap saat Anda membidik dari sudut depan subjek, kamu dapat mengasumsikan pendekatan secara langsung dan tanpa basa-basi, karena ini adalah sudut pandang yang kesannya jujur dan tidak menipu, tapi bila subjek menatap kamera maka akan mengesankan perasaan tegas, konfrontatif dan bahkan agresif. 



3. The Level Camera Angle
Pada subjek ini, Angle kamera sangat mendorong kita untuk mengenali subjek foto tersebut, karena pada angle ini mata kita sejajar dan lurus dengan subjek yang di bidik. 


4. The Rear Angle
Pemotretan dari sudut pandang lainnya seperti memotret dari belakang akan menciptakan suatu kesan bahwa subjek tidak menyadari kehadiran kita. Dapat kita simpulkan hal ini seolah kita menunjukkan bahwa kita tertinggal, menjadi pengikutnya atau pengejar. 


5. The High Angle
The High Angle suatu hal dimana subjek menggambarkan atau mengekspresikan suatu gagasan bahwa subjek tunduk dan rentan serta tidak berdaya. Beda halnya lagi jika dari atas gedung atau pegunungan maka yang tercipta adalah sensasi kebebasan dan diatas segalanya. 



6. The Point Of View Angle
Dari sudut pandang kamera ini sering muncul dalam photography suatu acara atau dalam pertualangan, dan ini sangat mengesankan secara subjektif seolah-olah Anda berada disana. 

Masih banyak yang dapat kita pelajari soal Angle Kamera ini, dan manfaat efek dari angle kamera untuk suatu bidikan Anda.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 
Sharing is caring. 

Comments

  1. aku pernah nonton video yang membahas angle kamera ini nih. Ternyata kalau tau ilmunya, hasil fotonya jadi punya nyawa gitu ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak, jadi terkesan lebih hidup. Thanks kak sudah berkunjung 🙂🙏

      Delete
  2. Tips trik fotografi yang bermanfaat, tak terkecuali untuk para blogger yang suka foto-foto untuk kontennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok buat blogger traveling seperti mas Hino. Jadi kalo foto pemandangan hasilnya bagus mas.😃

      Delete
    2. Pujian nya okelah mas Agus, hehe tapi bukan mas Hino tapi mas Himo 😁
      Maaf telat bales mas, blog agak sedikit error dan adsense terganggu. 😁

      Delete
  3. Ilmu angle kamera ini emnk banyak banget dan berguna buat nangkep hasil jepretan yg bagus..

    Kalau saya nggk ahli dalam bidang foto memoto.. karena pasti hasilnya banyak yg komen.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting usaha mas Bayu, apapun yang kita lakukan pasti ada manfaat nya walaupun itu hasil nya kurang memuaskan. Hehe makasih mas Bayu

      Delete
  4. Itu untuk kamera DSLR ya kang Andy, kalo untuk kamera hape bagaimana? Soalnya aku belum pernah beli kamera DSLR, kalo foto selalu pakai kamera hape.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar mas Agus lebih piawai seperti kata kak mbul tadi, sebaiknya kamera hape pindahkan ke kemaren DSLR biar mas Agus lebih terkesan profesional. Wkwkwkw 🤣🤣🤣

      Delete
    2. Kalo dikasih gratis sih mau kang, tapi kalo beli mah ogah, soalnya jual kamera DSLR agak susah, lain kalo jual hape, bisa lebih cepat.🤣

      Delete
  5. Ternyata ada banyak angle yang bisa dipake buat ambil foto dan hasil fotonya jadi lebih punya cerita.
    Jadi nambah ilmu juga nih, moga aja bisa nerapin saat motret ntar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga mas, kalo kita belajar pasti akan bisa. Jangan menyerah dan tetap semangat... Harus bisaaaa... Hehe

      Delete
  6. rear ama high angle bisa menciptakan kesan foto yang dramatis menarik !

    tapi blom begitu piawai aku mengoperasikan kamera yang agak tinggian speknya...soalnya rada susah ngatur settingan iso dan sebagainya

    tapi dari beberapa sample angle yang disebutkan paling menarik memang yang terkesan dramatis itu tadi..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mudah-mudahan nanti bisa lah kak. Saya juga yakin dengan kak embul dengan semangat belajar nya.. Makasih kaka mbul 😁🙏

      Delete
  7. wahhh noted nih, jadi bisa buat refrensi ketika memotret.. maklumlah aku kl motret asal jepret aja, hihih

    ReplyDelete
  8. Sudah lama sebenernya belajar soal angle kamera, tapi penerapannya di dunia nyata nol besar wkwkwk. Jadi hasil foto selalu gitu-gitu aja, mungkin pengaruh dulunya cuma diperlukan ilmu teorinya saja. Anyway thanks for sharing ...

    ReplyDelete
  9. Heeemmm.. Beda fungsi kamera digital dan DSLR itu dimana yah. DSLR itu kamera digital loh karena singkatannya saja Digital Single Lens Reflex. Jadi ga mudeng soal beda fungsi kamera digital dan DSLR dan menurut saya sama sekali ga nyambung.

    Soal angle, terutama menambah dimensi , semua angle kalau pemotretnya tahu bisa menmbah kesan dimensi dan bukan dari low angle saja. Berwibawa? Mengancam? hemm kok yah ga nyambug ...

    High angle, subyek tunduk tak berdaya, rentan?

    Terus terang, baru kali ini saya membaca cara pandang mengenai sudut pengambilan gambar dan kesan-kesan seperti ini. Padahal, angle sendiri pada dasarnya adalah sekedar sudut pengambilan gambar, yang bisa dipergunakan untuk berbagai hal, tergantung kebutuhan fotografernya..

    Entahlah... mungkin saya yang katrok, tetapi saya pikir tulisan di atas sebagai penggelut fotografi sampai sekarang, sebenarnya membingungkan dan tidak jelas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.