Tips Perawatan Mesin Mobil Diesel

Sumber Foto : kompas.com

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Salam Hangat. Kembali lagi ke topik otomotif. Kali ini saya akan berbagi tips perawatan mesin diesel untuk kendaraan roda empat. Diindonesia tentunya masih banyak sekali mobil yang menggunakan mesin diesel, kenapa orang lebih memilih mesin diesel? Ya, karena perawatan nya sangat mudah sekali dibanding dengan mesin bensin. Terlebih untuk perawatan mesin diesel ini tidak membutuhkan periodik tertentu yang seperti mesin bensin lainnya. Tapi inget kita juga harus mempunyai inisiatif untuk service berkalanya. 

Perawatan yang ringan tentunya membuat para driver sangat menyukai akan mesin diesel ini, dan untuk perawatan nya sendiri cukup mudah, dan kendala yang bisa Anda temukan cukup terbilang mudah, salah satunya adalah seperti penyebab kerusakan ringan pada mobil mesin diesel ialah masalah filter solar, filter ini sering sekali terjadi kotor jika kita tidak memperhatikan nya, setidaknya filter solar harus dengan rutin diganti, karena secara mekanisme nya filter solar adalah suatu komponen terpenting untuk sirkulasi udara yang keluar dan masuk. 

Apa yang harus dilakukan pada mesin diesel untuk menjaga mesin tetap awet? 

1. Pemanasan

Hendaknya setiap pagi harus dipanaskan terlebih dahulu, waktu durasi untuk pemanas mesin mobil kira-kira 10 sampai dengan 15 menit. fungsi dari pemanasan adalah dapat memberikan suatu pelumas pada seluruh bagian mesin diesel agar mesin tetap stabil. 

2. Pergantian Oli

Pergantian oli ini sangatlah wajib hukumnya, setiap pergerakan dalam mesin dan perputaran suatu gear atau roda gigi didalam mesin tersebut pasti akan membutuhkan oli atau pelumas, hal ini tanpa kita sadari akan berkurang nya oli disebabkan mekanisme kerja mesin. Anda dapat mengganti oli ini pada setiap 5000 km. 

3. Kebersihan Tanki

Sebaiknya Anda jadwalkan untuk menguras tank mobil Anda, terkadang kita lalai akan hal ini dan penyebab nya adalah tersumbatnya injektor dikarenakan kotoran yang terdapat pada tanki yang berupa air, debu dan pasir, atau korosi besi tanki tersebut. Jika tidak dibersihkan maka terdapat banyak endapan kotoran pada bagian dalam tanki. 

4. Pengisian Bahan Bakar

Perlu diperhatikan pada pengisian BBM, hal ini merupakan salah satu penyebab kerusakan mesin dan berkurangnya performa serta terasa berat jika dikemudikan, maka disarankan untuk pengisian resmi pada pom bensin. Bahan bakar minyak yang mempunyai kualitas baik tentunya menjadikan mesin mobil diesel Anda jauh lebih bertenaga, selain itu juga asap yang timbul dari knalpot terlihat lebih bersih. 

5. Kinerja Radiator

Khusus radiator sendiri harus mempunyai kinerja radiator yang dapat menghasilkan tenaga mobil lebih efektif. Selalu lakukan pergantian air coolant atau air pendingin radiator agar berfungsi lebih baik untuk menjaga temperatur pada mesin diesel Anda, selalu waspada akan kekeringan air radiator ini karena dapat menyebabkan mobil jadi overheat, dan jika mobil sudah overheat bukan masalah kecil lagi akan tetapi Anda siap-siap menguras kantong untuk memperbaikinya. 

Perlu diketahui, bahwa perawatan mesin diesel ini sangat lah mudah dan praktis, apa saja keunggulannya, keunggulan mesin diesel ini adalah, efisien dalam penggunaan bahan bakar, selain itu mesin diesel juga dikenal tahan lama, perawatan mudah, dan secara tidak langsung torsi yang dihasilkan akan lebih besar dibanding mesin bensin. 


Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 



Comments

  1. Karena aku sekarang belum punya mobil, jadi artikelnya aku simpan dulu 🀭 siapa tahu nanti bisa punya mobil dan kebetulan berbahan bakar diesel, aku bisa mampir ke artikel ini lagi hihihi. Terima kasih atas tipsnya, Kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang humoris ya kak Lia ini, 😁😁😁 koment yang jelas, singkat dan padat. Setuju banget dah. Makasih kak Lia.

      Delete
  2. Oh, bisa tow rawat kendaraan sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel ..
    Lah selama ini aku ngga punya keberanian nyoba melakukan sendiri, maklum aku tuh tulalit alias byar-pet kalau soal permesinan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha gak gitu juga mas Him, 😊 perawatan ke bengkel itu sebenernya wajib, tapi kalo misalkan kerusakan nya ringan bolehlah di coba-coba buat ngerawat dan betulin sendiri. Ayok mas Him harus berani lakuin, biar hemat gak ke bengkel. 🀣😁

      Delete
    2. Baiklah, pak bos πŸ˜„.
      Kudu berani nyobain apapun kalau begitu, ya πŸ˜‰.
      Wuah siap-siap tangan dan wajah coreng moreng jadi belepotan kena oli niih πŸ’ͺ

      Delete
  3. Saya nggak punya mobil diesel mas, tapi informasinya boleh juga, siapa tau nanti saya punya truck atau bus, kan :))))

    Jadi ingat jaman bocah, ayah saya suka banget mobil dengan diesel, dulu tuh yang terkenal mobil Panther kalau nggak salah namanya *lupa karena terlalu jadulnya* hahahaha. Mungkin karena beliau sering ke proyek, jadi mobil diesel lebih menyenangkan untuk digunakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin kak Eko, semoga di segerakan.
      Iya kebanyak mobil Diesel itu orang tua yang pakai, hehe.
      Makasih sudah mau mampir lagi kek Eno.

      Delete
  4. Nyimak dulu ya Mas, karena belum ada mobilnya.
    Tapi semoga nanti bisa punya mobil sendiri, jadi bisa ikutin tips-tips dari Mas.

    Doain loh ya Mas. 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin sesama blogger harus saling mendoakan, hehe.
      Semoga bisa membeli dengan hasil keringat sendiri ya mas Rudi. Aamiin.

      Delete

  5. Makasih buat tipsnya ya ??? Ya??? Meskipun aku tak punya mobil seenggaknyalah aku bisa tahu per - mesinan dikit - dikit .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama Kak Tari. Semoga banyak rezeki dan bisa beli mobil. Aamiin. Jangan kalah sama cowok kak, cewek harus tahu juga meski dikit-dikit soal mesin. Hehe

      Delete
  6. Yaa sebebarnya perawatan mobil diesel lebih murah lho ketimbang mobil berbahan bakar bensin atau Pertamax.😊😊

    Dan apa yang dijelaskan diatas sangat penting memang. Dengan rajinnya kita sering mengontrol mesin dan hal lainnya pastinya mobil Diesel yang kita punya apapun merknya tentu akan lebih bertenaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip setuju mas, memang mesin diesel lebih hemat biaya mas, terus tergantung kita yang rajin untuk mengontrol dan merawat nya, saya yakin mas pasti sudah berpengalaman. Hehe

      Delete
  7. Ternyata lebih mudah ya merawat mesin diesel dibanding mesin bensin. Baru tau nih. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, lebih mudah, sama kayak motor 2 stroke lebih mudah perawatan nya di banding motor 4 stroke atau injeksi. Terima kasih kunjungan nya mas Salman.

      Delete
  8. Yang penting ruang kabin gak kemasukan tikus, itu paling utama. Karena tikus itu perusak ulung, gak cuma ngerusak mesin tapi bangsa dan negara hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… ayok demo lagi mas.
      Saya suka koment nya kalo ada humor nya, ngakak terus. Tikus emang gitu ya mas. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.