Tips Perawatan Gigi dan Penyebab Gigi Berlubang


                  Sumber Foto : dictio.id

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Sejak kecil kita telah diajarkan untuk rajin menggosok gigi, terlebih ayah dan ibu selalu menyuruh untuk hal itu, dan saya percaya bahwa setiap orang tua kita selalu prihatin akan hal ini. Bukan masalah sepele jika kita mendapati kerusakan pada gigi terutama pada gigi geraham yang fungsi nya untuk mengunyah makanan, bukan hanya gigi geraham tetapi pada gigi lainnya juga. Hal ini disebabkan oleh terlalu sering memakan makanan yang dapat merusak gigi kita. 

Efek jika tidak menjaga kebersihan gigi maka akan timbul suatu masalah atau penyakit. Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah dengan banyak nya mengkonsumsi makanan yang manis, dan dapat menyebabkan gigi berlubang sebelum terjadi kerusakan parah pada gigi. 

Adapun penyebab yang dapat merusak gigi adalah : 
Makanan manis
Lapisan paling keras pada struktur gigi adalah email gigi jika kita sering mengkonsumsi makanan manis maka email gigi akan menjadi lembek dan hitam, maka disitu kuman akan berkumpul pada lubang-lubang kecil yang akhir nya membesar dan dapat menyebabkan sakit pada bagian gigi tersebut. 

Jarang membersihkan gigi atau gosok gigi
Hal diatas sudah terbukti orang yang malas melakukan hal tersebut akan menjadi kendala besar pada gigi Anda. 

Setelah memakan makanan yang mengandung karbohidrat, baiknya Anda segera membersihkan seluruh bagian pada mulut dan gigi Anda, jika tidak dibersihkan maka sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi akan di cerna oleh suatu bakteri yang ada di dalam mulut,lalu kemudian bakteri memakannya dan memproduksi asam. Ketahui bahwa ketika bakteri sudah memproduksi asam maka air ludah yang tercampur asam bisa membentuk plak pada gigi, plak tersebut terdiri dari beberapa bakteri yang ada di dalam bagian mulut kita. Efek dari plak ini adalah membuat gigi kita berlubang sehingga dapat menyebabkan sakit pada bagian gigi. Dengan banyaknya plak yang dihasilkan bakteri maka plak tersebut terus menerus menggerogoti email gigi.

Apa selanjutnya jika plak tersebut sudah menggerogoti email gigi? Tentunya gigi sudah rentan terhadap bakteri, sebagian besar kuman dan bakteri sudah bersarang pada bagian mulut, plak yang dihasilkan oleh sejumlah bakteri dan sehingga plak menumpuk dan menjadikan sebuah karang gigi yang dapat menggangu struktur pada gigi. Karang gigi sangatlah susah dihilangkan maka segeralah mencegahnya sebelum plak dan karang gigi menumpuk. 

Efek gigi berlubang
Setelah gigi berlubang, Anda akan merasakan rasa sakit yang luar biasa sakitnya. Pada umumnya rasa sakit berawal dari rasa ngilu ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin. 

Berikut beberapa cara penanganan nya
Fluoride
Fluoride sangat membantu pada pemulihan gigi pada saat gigi mulai berlubang kecil, fluoride dapat memulihkan enamel gigi yang mengalami kendala kerusakan pada gigi. Bagaimana cara penggunaan fluoride nya?? Jangan khawatir kini setiap pasta gigi sudah banyak mengandung fluoride sehingga Anda dengan praktis untuk penanganan hal tersebut. 

Saran saya agar tetap memelihara pada bagian gigi Anda dengan cara menggosok gigi setiap pagi, sore dan malam hari atau sesudah makan, gigi yang sehat tentunya berawal dari diri kita masing-masing, rajin dan rutin membersihkan gigi maka kesehatan pada gigi Anda terjamin dan dapatkan hasil gigi yang lebih baik. 

Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 
Sharing is caring. 

Comments