Tips Mendidik Anak Dengan Baik


               Sumber Foto : siedoo.com

Idekreatips.com Selamat Pagi Sobat Kreatips. Salam hangat untuk keluarga dirumah. Setiap keluarga pasti ingin mempunyai buah hati dari hasil pernikahan tentunya, kita juga harus berperan penting terhadap anak kita, terutama dengan memberikan sebuah contoh yang positif yang baik untuk anak, pada dasarnya anak selalu suka dengan hal apa yang dia inginkan dan selalu marah ketika hal tersebut tidak terpenuhi. Ya namanya juga anak-anak. Perlu di ketahui bahwa sejak kecil anak perlu diajarkan melakukan hal-hal yang mana sewajarnya dan mencontohkan sikap-sikap yang baik terhadap keluarga terutama pada orang tua. Anak-anak baiknya dilatih sejak dini tentang cara beradaptasi antar sesama dan dapat berprilaku yang baik, patuh dan tegas. 

Orang tua yang mendidik anak nya bukanlah sebuah hal yang mudah, dari beberapa diantaranya anak-anak mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda, maka dari itu kita harus tahu mana yang harus di perhatikan. Kelebihan dan kekurangan pada masing-masing anak-anak dapat memicu keterbatasan akan sebuah hal yang di tanggapinya melalui perilakunya. Dan hal ini jangan sampai terjadi dan jangan sampai di biarkan begitu saja. 

Terkadang anak-anak mempunyai sifat yang setiap keinginannya selalu ingin dituruti, hal ini juga tidak baik sebenarnya, kenapa saya bilang begitu, karena ini akan membuat anak menjadi manja dan selalu merasa setiap keinginan nya bisa terpenuhi, lantas cara apa yang tepat untuk hal ini? Harusnya kita sebagai orang tua memberikan contoh yang tegas terhadap anak, bukan berarti harus memaksakan mereka ingin seperti apa yang kita inginkan, tetapi latih dengan cara membuat si anak tidak merasa terkekang dengan cara kita memperlakukannya. 

Berikut beberapa tips cara mengajarkan anak dengan baik. 

1. Lakukan Gerakan Positif Pada Saat Bersama Anak

Hal ini dapat memicu anak agar bisa mengikuti apa yang orang tuanya lakukan, secara perlahan si anak akan memahami sebuah gerakan untuk melatih dirinya. 

2.Ucapan dan Cara Berbicara

Ucapan dan cara berbicara juga penting sekali bagi anak, secara tidak langsung anak akan mendengar apa yang kita ucapkan, dan si anak tentunya akan mengikuti tahap demi tahap untuk mengikuti gaya bahasa yang di ucapkan oleh orang tuanya. 

3. Sebut dan Panggil Nama Anak

Dengan menyebut dan memanggil nama anak, tentunya anak lebih mengingat namanya dan ada pada saatnya si anak pasti akan di tanya oleh orang disekitar kita, ada baiknya orang tua saat memanggilnya dengan menyebut nama si anak, hal ini sangat baik bagi anak agar terbiasa untuk menyebut dirinya dengan namanya. 

4. Pahami Rasa Emosi

Anak juga punya rasa emosi, senang, dan sedih, para orang tua hendaknya kenali beberapa sifat diatas, cari tahu apa penyebab anak menjadi emosi, sedih dan gembira, ada faktor tertentu yang membuat anak merasakan hal itu, orang tua harus paham dan mulailah berkomunikasi dengan baik agar anak bisa merespon dengan baik juga. 

5. Pola Asuh Yang Baik

Pola asuh yang baik akan membuat si anak merasa menjadi lebih nyaman, dengan mengasuh anak yang baik maka anak akan merespon dan bersikap tenang, dan si anak berpikir bahwa orang tua nya sangat sayang sekali padanya. 

6. Berikan Pujian

Dengan memberikan pujian maka si anak akan bangga dengan hal ini, mulai dari pujian kecil sampai pujian yang benar-benar dia lakukan dan pantas mendapatkan pujian ini, dengan melalui pujian maka anak spontan bersemangat melakukan segala hal dan akan menjadi motivasi bagi anak kita masing-masing. 


Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments


  1. Terima kasih buat informasi positifnya ya??? Ya, meski aku belum menikah setidaknya aku bisa terapkan apa yang ada di artikel tersebut lewat anak didik ku tercinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama Kak Tari, ☺ semoga bisa di terapkan setelah menikah dan mempunyai anak. Tetap semangat kak.

      Delete
  2. Saya sepakat sama berikan pujian kecil ke anak. Misalnya anak berhasil mengerjakan PR nya, "Wah bagus nak, sekarang semakin pinter ya." Atau anak membantu membuat kue, ucapkanlah pujian kecil yang membuat anak semakin tertarik melakukan hal itu. Jika ia tidak bisa melakukannya, coba hibur dia dengan mengatakan "Kita coba besok lagi ya, hari ini kita istirahat main yang lain dulu." Dan hal-hal lainnya terdengar sepele tapi penting bagi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak, saya setuju, semakin kita banyak memberikan arahan maka si anak akan lebih responsif terhadap hal-hal yang baru. Salam kenal kak. Makasih sudah berkunjung. ☺

      Delete
  3. Mendidik anak memang tidak mudah tapi tetap harus dijalani karena itu tugas orang tua.

    Orang tua harus memberikan contoh yang baik karena anak adalah peniru yang ulung. Jika bapaknya hobi main hape anaknya juga sukanya main hape.😂

    Memang betul keinginan anak jangan selalu dituruti karena takutnya nanti manja. Jadi secukupnya saja.

    Jangan lupa kasih pujian juga buat anak. Misalnya anak sukanya main hape tapi tidak mau belajar maka aku kasih pujian. Duh anak bapak pintar amat ya main hapenya, dari pagi sampai siang main hape aja, mau diteruskan sampai isya nih? Kapan belajarnya.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha,, makasih pak Suhu. nnti tak coba buat ngurus keponakan.. hehe
      Iyupp anak itu peniru ulung. Apa2 pasti diikutin..

      Delete
    2. Hahaha mas Agus mas Agus. Bener itu mas, biasanya buah jatuh gak jauh dari pohon nya. 🤣
      Tapi gak gitu kali mas Agus maen hp nya sampe lupa waktu. Thanks mas Agus

      Delete
    3. Tapi kalo pohonnya dekat sungai maka buahnya jatuh kebawa air sungai sampai laut, berarti buah jatuh jauh dari pohonnya tuh.😆

      Delete
    4. Semoga sungainya muter-muter disitu aja ya mas, biar buahnya masih disekitar pohon tersebut. 🤣🤣🤣

      Delete
  4. Hmm. Sebab dunia selalu berkembang, dinamis, demikian pula cara mendidik anak. Meskipun ada tips mendidik anak yang telah pakem, di beberapa bagian pun ada yang dinamis seiring berjalannya zaman. Maka orang tua harus mau selalu belajar, up grade ilmu parenting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, saya setuju banget mbak, setiap orang tua hendaklah selalu belajar guna untuk menerapkan ilmu parenting nya.
      Makasih mbak Agustina atas kunjungan nya. ☺

      Delete
  5. Memberikan pujian jangan sampai membuat anak jadi gila pujian atau hormat. Tapi asal orang tua bisa memberikan contoh yang baik rasanya tidak.

    Mendidik anak jaman skr musuhnya adalah lingkungan, dia punya dampak besar merusak mental anak. Karena orang tua lain tak melakukan peran mendidik yang baik pada anak-anak mereka, akhirnya yang terbentuk adalah lingkungan yang rusak.

    Jika semua orang tua melakukan pendidikan primer yang baik, rasanya lingkungan positif akan terbentuk. Selama orang tua lain tak berperan, tugas sebagai orang tua akan semakin berat karena melawan lingkungan di sekitar yang tak memberi pengaruh baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali kak, memberikan pujian jangan sampe berlebihan, mungkin akan sangat berpengaruh terhadap anak.
      Lingkungan kerap sekali menjadi musuh anak ya kak, dan dari lingkungan juga dapat berdampak yang negative jika tidak di perhatikan lebih cara si anak beradaptasi.
      Terima kasih saran nya kak.

      Delete
  6. mendidik anak itu memang susah-susah gampang.. kita juga harus jadi contoh yang baik dulu yaa.. karena anak2 itu peniru ulung ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener sekali kak, terlebih kita dulu yang kasih contoh baru anak pasti akan mengikuti. Semoga kita menjadi contoh yang baik buat anak ya kak. Thanks kak.

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.