Tips Agar Konsisten Dalam Sebuah Pekerjaan (Blogger Pemula)


             Sumber Foto : liputan6.com

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Banyak di antaranya para blogger mendapatkan keluhan pada saat memulai ngeblog, hal ini kerap terjadi pada blogger pemula, namun demikian hal ini sangatlah mudah bagi kita untuk menghindari rasa malas dan keluh kesah pada saat menjalani proses menulis artikel pada blog tersebut. 

Menjaga konsistensi dalam blog memang sulit tetapi dengan niat hati yang tulus maka kebiasaan ini lama-lama akan menjadi hobi dan dapat menimbulkan rasa yang percaya diri. Masalah demi masalah,malas menulis, rasa bosan yang datang silih berganti menjadi cobaan para blogger pemula, dan disinilah kita dapat memahami bahwa kenyamanan dalam hal sebuah pekerjaan itu tidak dengan mudah mendapatkannya. 

Saya memulai menulis dari tahun 2016 dan sudah ada beberapa artikel yang saya terbitkan, pada saat itu sering terjadi hal yang membosankan, kembali lagi pada topik di atas kita dapat menilai bahwa awal yang dimulai adalah suatu cobaan yang berat bagi kita jika kita tidak berusaha dengan sungguh-sungguh,dan sekarang saya sangat bersyukur ditahun ini, para teman-teman blogger memberikan support kepada saya, dari situ saya mendapatkan sebuah tantangan dalam hidup bahwa hidup bukan sekedar makan dan tidur melainkan banyak hal yang mesti kita lalui.

Pengalaman yang saya tulis di atas sangat sulit, harus menanamkan sifat konsisten terhadap apa yang kita hadapi dan dipelajari, dan kenapa orang bisa sukses kita tidak? Itulah penting sebuah pekerjaan yang benar-benar kita harus pahami dan tak pernah akan mengeluh atas pekerjaan itu. Memang konsisten itu harus butuh waktu dan gagal bukan harus berhenti tapi gagal adalah salah satu alat pendorong bagi kita untuk lebih semangat lagi kedepannya. 

Tantangan itu memang nyata maka perlu kita sadari setiap apa yang kita kerjakan. Upayakan untuk terus berusaha, menjaga agar tetap konsisten dalam segala hal, apalagi itu suatu kehobian kita. Setiap perjuangan dan usaha akan berubah manis nantinya.


Selamat berjuang. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. Setuju banget nih, jujur aku yang udah ngeblog dari tahun 2011an sampai sekarang pun kadang masih merasa sulit buat konsisten.

    Balik lagi, tujuan kita ngeblog buat apa. Kalau memang hobi, walaupun kadang bosan atau kehabisan ide mau bahas apa, pasti ada waktunya lagi untuk kembali nulis lagi :)

    Selain itu dukungan dan komentar sesama temen-temen blogger pun bisa mempengaruhi konsistensi kita buat nulis hehe..

    Sharing yang bagus banget nih, salam kenal yaa Mas (panggilannya apakah Andy atau Eko?) 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang cari bahasan yang mau di publish masih sulit ya kak Eya,
      Lama bener ngeblog nya dari tahun 2011 and until now still blogging. Hebat.

      Tanpa dukungan dari teman-teman blogger kita tidak akan bersemangat kak kecuali emang udah hobi seperti kakak.

      Yups, sama-sama Kak, saya makasih juga sudah berkunjung ke sini.
      Panggil aja Andy. Hehe

      Delete
  2. Konsisten untuk ngeblog emang sulit sih, ada banyak godaan yang datang. Mulai dari rasa malas, jenuh, hingga masalah teknis seperti gangguan internet pun bisa bikin malas.

    Karena itu, menurutku ngeblog itu harus perlahan sih, setelah terbiasa, bakal jadi kebiasaan dan bisa konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju saya sama pendapat mas Rudi. Bener itu mas kadang terjadi banyak kendala dan kita harus siap menghadapi nya dengan cara apapun biar progress depannya berjalan lancar. Hehe
      Salam kenal mas Rudi. Thanks sudah maen kesini. ☺

      Delete
  3. Tips agar konsisten kalau dari saya sederhana saja, yaitu keep doing and keep learning by doing 😆

    Intinya terus lakukan, sampai akhirnya jadi kebiasaan dan kita akan konsisten dengan sendirinya 😁 semangat mas, semoga bisa tercapai target-target yang mas punya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasehat yang luar biasa, saya yakin kita kalo udah lama kelamaan pasti akan terbiasa dengan sendirinya, apa yang kak Eno bilang itu bener banget, ☺semoga selalu konsisten setiap apa yang kita lakukan. Thanks kak Eno. ☺

      Delete
  4. Yang paling penting buat aku sih dapat menyalurkan hobi menulis. Apalagi jika benar2 konsisten nulisnya dan bagus, ternyata hobi bida mendatangkan pundi2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hobi terutama tersalurkan ya mbak, trus rasa bangga bisa menulis dan di baca orang lain, apa lagi bermanfaat, huu keren.

      Pundi-pundi kalimat ya mbak, hehe 🙈
      Salam kenal mbak Nurul. Sukses selalu. 👏☺

      Delete
  5. Menjaga konsistensi memang sulit, aku merasakannya 😂
    Tapi memang harus terus mendorong dan menyemangati diri agar bisa tercipta konsistensi itu hingga bisa menjadi kebiasaan hihihi. Semangat Kak Andy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit ya kak, ternyata kak Lia merasakan itu juga toh 😁😁😁
      Emang harus dan harus ya kak agar terbiasa.
      Terima kasih atas semangat nya kak ☺

      Delete
  6. Waktu pun nggak jadi jaminan buat konsisten, kayak aku.
    Ngeblog dari 2010, tapi ya gitu. Kumat-kumatan nulisnya. Tahun Juli 2019 aku mulai vakum sampai Juli 2020 baru nulis lagi.

    Comeback kali ini aku pertimbangkan dengan mengubah tujuan serta personal branding di blog. Yang awalnya mau monetasi, udah nggak lagi deh. Ternyata lumayan berat juga di aku.
    Akhirnya blog kali ini rebranding lagi sebagai digital diary dan sifatnya lebih personal.

    Nggak ngoyo banget harus 10 postingan sebulan, yang penting tiap minggu ada deh, sama ini nih.. aku berusaha lebih sering blogwalking, karena silaturahmi gini ngebantu aku dapat inspirasi buat nulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari 2010 waktu yang cukup panjang, hebat.

      Itu paragraf kedua bahasanya anak blogger banget ya kak Pipit ini,sampe aku gak ngerti 🤣🤣🤣 keren gaya bahasanya, itulah teman-teman blogger selalu asyik dan karakteristik banget tiap individu nya, mulai dari gaya bahasa nya saja udah kelihatan. Keren!!

      Iya kak tentang inspirasi itu kebanyakan dari blog walking.
      Makasih kakak

      Delete
  7. Ngomong2 masalah konsisten, saya ga bisa kasi masukan banyak. Udah ngeblog sejak 2009, tapi isi postingan masih seuprit bgd 😂 Soalnya ngeblog terntng mood doank.
    Semoga Mas Andy lebih baik dan bs konsisten ngeblog yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha seuprit 😁, gimana dengan saya kak, dari 2016 artikelnya cuma secuil wkwkw😄

      Aamiin kak semoga bisa lebih konsisten dan semangat lagi buat kita.
      Thanks kak Thessa 👍👏

      Delete
  8. kalau lagi rajin rajinnya ngeblog itu aku bahagia banget rasanya. karena memang aku hobi ngblog jadi bawaannya hepi abis ngeposting. cuma, ada kendala juga dimana aku gabisa konsisten ngeblog, ya sedih sih, tapi mau gimana lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kak Farah tergantung mood juga ya kak, semoga hari-hari kakak menyenangkan ya kak biar bisa dengan rajin ngeblog nya, Happy Good Day..

      Terima kasih atas kunjungannya kak Farah. Salam kenal ☺

      Delete
  9. Kadang pengin konsisten menulis tapi waktu sedikit, giliran ada waktunya eh idenya belum ada. Setelah beberapa hari ide akhirnya datang tapi mau menulis eh anak ngajak jalan-jalan. Akhirnya selesai jalan jalan bisa menulis. Giliran di publish kok ngga bisa, eh ternyata kuota abis.😂

    Jadi konsisten emang sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤣🤣🤣 aduuhhh mas Agus ini buat saya NGAKAK tengah malam, dan orang dirumah kaget! 🤣🤣🤣 hhmmm
      Mas Agus ini orangnya penuh dengan cerita sama kayak Blog Sarilah nya hehe

      Makasih mas Agus sudah buat aku ngakak. 🤣😁
      Sukses selalu mas.

      Delete
  10. Bentul banget.. tantangan terberat seorang blogger itu adalah melawan dirinya sendiri. Salah satunya, ya kebosanan itu. Bagaimanapun melakukan hal yang sama terus menerus pasti menghadirkan rasa bosan..

    Cuma kalau nggak diatasi malah bikin ga berkembang mas..

    Insya Allah kalau komit dengan jalan pilihan kita, pelan pelan konsistensi bisa didapat kok mas..

    Semangat and nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget sama mas Anton, melawan diri sendiri itu memang susah, apalagi ego kita yang gak bisa di kontrol.
      Doakan saya semoga bisa terciptanya komitmen dengan hobi saya ya mas.
      Terima kasih nasehat nya mas.
      Terima kasih juga sudah berkunjung. Saya re-visit kembali dan salam kenal mas.

      Delete
  11. Memang bukan hal yg mudah buat konsisten, aku cuma berhasil konsisten ngeblog 2 thn doang, tahun ketiga udah ngikutin mood hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah hebat kak konsisten ngeblog sampe 2 tahun, saya 3 bulan udah teler 😖 tapi berkat teman-teman blogger yang saya cintai ini, jadi semangat buat menulis dan bangkit lagi kak, dan akhirnya saya step by step belajar untuk konsisten.
      Terima kasih sudah berkunjung kak Meta. Panggilannya Ursula, Meta, Rosa,atau Rini ya kak 🤔

      Delete
  12. Dulu akupun sulit mas, konsisten menulis. Butuh waktu utk akhirnya bisa memutuskan update tulisan berapa kali sehari. Aku memang ga bisa setiap hari Krn ada kerjaan lain. Tapi setidaknya aku konsisten 2 Minggu sekali, bahkan sekarang udh mulai seminggu sekali utk update. Tapi BW ttp tiap hari :)

    Buatku blog itu untuk nyalurin stress. Jd aku ga mungkin ngebiarin blog tanpa tulisan dlm wkt lama :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang kita jalani dulu sama kak, terkadang pekerjaan menyita waktu kita buat ngeblog, tapi pada prinsipnya secara perlahan harus jadi prioritas yang kedua setelah bekerja, dan kita pandai-pandai mengatur waktu kak, saya juga pagi kerja pulang sore, waktu buat ngeblog pada malam hari, kadang gak sempat sih soalnya bales koment para teman-teman blogger tercinta ini, saya bulan-bulan ini kuwalahan banget bales koment, tapi saya Senaaaaaaaaang sekali atas koment mereka. 👏👏👍👍☺😍😍😍 adanya mereka dan kakak saya pikir saya itu tidak hidup sendirian di dunia blogger.
      Terima kasih atas kunjungan nya ya kak. Salam kenal.

      Delete
  13. Ini bener banget, Mas Andy. Salah satu masalah dari blogger pemula seperti halnya aku ini ya masalah konsisten ini. Bahkan kadang ide ada, tapi otak gak bisa memikirkan kata-kata buat nyambung-nyambungin idenya ini. 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan saya kak Roem baru sempat bales, 😬 sibuk sekali dari kemarin.

      Tetap semangat dan konsisten aja kak, begitu lah untuk blogger pemula terkadang suatu konten menjadi masalah besar, hehe

      Delete
  14. Semangat untuk terus konsisten ya.
    Kalau bagi saya tipsnya adalah, sering pamer, jadi kalau nggak kecapai malu sendiri, wakakakaka.
    Etapi itu ekstrim sih, yang sderhana sebenarnya adalah cintai hal yang mau dikonsistenin itu, kalau udah cinta, sesulit apapun waktunya, semager apapun, pasti nggak bisa ditinggalkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkakaka lucu juga kak 😁😆
      Iya bener banget kak, cara yang sederhana itu saya suka.
      Ini saya lagi berusaha untuk mencintai hal yang ingin di konsistenin kak.
      Makasih banyak atas masukan nya ya kak ☺

      Delete
  15. Bener banget,, Konsisten itu susah banget, dan komitmen buat selalu konsisten itu lebih susah.. wkwk.. Saya sering banget bosan sama blog. Tapi sering juga kangen buat curhat,, ahaha Toh, berhubung hidup saya kebanyakan drama. Saya lebih sering ngegunain blog buat cerita keluh kesah. And it helps a lot.. hahah

    Tapi kalau lagi bosen, yaudah sih... Saya mencoba buat nggak maksain diri. Tapi selalu usaha buat posting minimal 1 artikel dalam 1 minggu..

    Semangat buat kita semua.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ya, komitment buat konsisten itu susah, ini kata-katanya begitu nyambung banget antara konsisten lalu timbul komitmen, harus berjuang keras mas Bayu.

      Iya mas bener itu selain blog tempat sharing bisa juga jadi tempat curhat dan keluh kesah atas drama nya wkwkwk
      Alhamdulillah mas bisa 1 minggu 1 artikel.

      Delete
  16. iya bener banget. ngerasa sulit banget buat konsisten nulis. Apalagi saya baru aktif dua tahun terakhir, tapi biasanya setiap bulan harus ada yang dipost sih, semoga bisa selalu konsisten dan produktif buat nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah sebabnya terkadang banyak faktor yang menyebabkan tidak konsisten. Tapi kalo lama-kelamaan tentu mulai terbiasa kak, intinya harus komitmen dulu baru konsisten, hehe 👍👍👍 Terima kasih sudah berkunjung kak.

      Delete
  17. Sy mulai ngeblog 2009, sampai sekarang. Soal konsisten jadi masalah bersama, ide ada, kadang suka ada saja perintang nya. Tapi saat ini, saya temukan cara, bahwa ngeblog adalah obat 💊 ketika saya sedang jenuh, letih pekerjaan, ngeblog jadi pelepas lelah.

    Bahagia sy cukup sederhana, ya di blog ini.

    Tujuan ngeblog awalnya demi eksistensi di mesin pencari Google, supaya ketika nama cocoper6 diketik, langsung terhubung dengan saya. Dan itu sudah tercapai. Kini blog jadi sarana pengingat otak saya yang terbatas.

    Dan blog saya sudah beranak .. ..
    Salah satunya ini .. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salut banget sama mas, nge-blog dari tahun 2009 sampe sekarang itu sudah luar biasa, komitmen yang terhubung ke konsisten, dan terjadi adalah prioritas utama ya mas. saya mesti banyak belajar lagi seperti pada mas ini.
      Saat ini saya sulit menumbuhkan rasa konsisten, tapi secara bertahap saya akan terus mencobanya.
      Terima kasih mas motivasi nya. 👏👏👍👍👍

      Delete
  18. saya rasa semua blogger (newbie) hadapi masalah sama. saya juga tidak terkecuali. tapi berbalik kepada niat asal kita. kita menulis untuk apa? kita menulis sebab apa? if you get the answer, then everything will be fine ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak Anies bilang itu, tergantung niat, ada niat pasti ada jalan. Kira-kira niat saya apa ya kak, yang pasti cari temen baru diluar dulu, temen-temen blogger pada kece keren asyik. 👍👏

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.