Asyiknya Jadi Seorang Blogger

Sumber Foto : cermati.com

Selamat Pagi Sobat Kreatips. Topik kali ini sangat berbeda dari postingan artikel dan niche sebelumnya. Disini saya akan membahas soal "Para Teman-Teman Blogger" Sangat bersyukur sekali sudah mengenal beberapa para Blogger baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pagi ini curhat dari hati yang paling dalam, "D a r i H a t i Y a n g P a l i n g D a l a m" Disini saya menuliskan tentang selama pengalaman saya menjadi seorang blogger dan mengenal teman-teman blogger, ada kesan menarik di balik persahabatan antar blogger, sebelumnya saya tidak menyangka sampe bisa ketemu dan bersilahturahmi dengan mereka. 

Sumber Foto : kuliahkomputer.com

Saya itu bukan seperti mereka yang senior dengan blog dan artikel menariknya, saya juga tidak sepandai mereka dalam merangkai kata-kata, dan artikel saya juga tidak semenarik mereka yang sudah bergelut di dunia perblogeran, masalah followers juga saya tidak punya dan saya hanyalah seorang blog walking,tapi dengan status ini saya tidaklah merasa lelah, saya tidak akan berhenti menjadi seorang blogger visitor setia pada teman-teman blogger, yang saya rasakan saat ini adalah rasa bangga bisa mengenal mereka. Dan maaf tidak bisa disebutkan satu per satu. Beberapa diantaranya teman-teman blogger yang turut berpartisipasi dalam blog saya,yaitu saling membalas komentar dan begitu juga sebaliknya. 

Saya sangat terharu kepada mereka yang berkomentar dan nyempetin waktu buat berkunjung ke blog saya yang lusuh dan buruk ini, Disini saya baru mengerti apa itu blogger dan apa manfaatnya. Sebagai blogger pemula masih perlu bimbingan dari mereka yang senior itu dan saya tetap berusaha untuk menjadi yang terbaik dimata mereka. 

Pernah suatu ketika para teman-teman senior blog berkomentar dan saya rasanya senaaaaang sekali dan gak menyangka aja sih. Beberapa komentar telah memberikan semangat untuk menulis, tanya jawab, bercanda,saling peduli, bertukar pikiran, beri motivasi, inspirasi dan jerit, tangis, canda, tawa dan masih banyak lagi pokoknya. 

Beda halnya dengan sosial media yang pamer ini pamer itu,posting ini dan itu, sehingga orang saja tidak mau berkomentar. Beda dengan blog, dari sekian banyak artikel yang saya baca mulai dari blog lifestyle, traveller, beauty, tutorial, sampe ke blog pribadi yang menceritakan kepribadian mereka dengan gaya hidup yang mewah, tetapi tetap saja banyak yang mengunjungi dan berkomentar pada blog tersebut, hebat ya.. Ini membangun silahturahmi sekali dan bukan hanya sekedar pamer atau posting ini itu yang membuat mereka bangga. 

Setelah mengenal lebih jauh dengan teman-teman blogger saya merasa seperti dalam kekeluargaan nya. Sifat dan kepribadian mereka sangat baik,mulai dari cara mereka berkomentar,bisa memotivasi dan berpikir positif, pokoknya the best lah. Sekali lagi Terima kasih untuk para senior blogger, ini sangat menjadi inspirasi saya dalam berkarya dan menulis artikel yang bermanfaat untuk semua.

Hormat saya. 

Comments

  1. Salam kenal Kak 🤚🏻 maaf baru muncul di kolom komentar, kemarin-marin hanya jadi silent reader aja 😅

    Aku juga merasakan hal yang sama. Kehidupan di dunia blogger ini lebih positif rasanya karena rasa saling supportnya besar sekali. Komentar-komentar yang diberikan juga sangat positif dan memotivasi untuk terus menulis. Makanya, hidup di dunia blogger rasanya lebih tentram dan positif 🙈
    Terlebih lagi, para blogger senior tidak pernah pelit ilmu dan sombong, jadi semakin senang berada di dunia blogger ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terasa mimpi aja di kunjungi oleh mbak Lia hari ini, sedikit cerita ya mbak, kurang lebih dua bulan yang lalu, ada salah satu blogger senior yang lagi berkomentar di blog saya, dan saya visit kembali, melihat beberapa postingan nya dan membaca semua komentarnya, dan disitu barulah ketemu "Lia The Dreamer" Rasa penasaran dan saya pun langsung visit, melihat tampilan blog mbak aja saya sudah kagum, terus template dan gambar-gambarnya juga bikin merinding,minimalis sekali, saya sempat berpikir wah ini orang pasti keren banget, elite gitu pastinya, dan saya mencoba baca post mbak lia dari gaya bahasanya juga sangat keren, nyaman, mau koment tapi sempat terpikir saya mah apa, belum tentu di baca dan di balas, melihat puluhan dan ratusan koment pada kolom post komentar mbak Lia semakin saya meyakinkan ini orang bener-bener hebat, dan saya bukan lah siapa-siapa diantara blogger-blogger ini. Saya berpikir orang-orang itu pasti sombong, ternyata tidak, sampai saat ini mereka adalah yang terbaik, ramah tamah, sopan santun, saling berbagi ilmu dan berbagai hal lainnya.

      Apa yang dikatakan mbak Lia itu bener sekali, banyak hal positif dan saling support dan lama kelamaan jauh terasa nyaman hidup didunia blogger.

      Terima kasih mbak, sudah berkunjung. Dan untuk semua para blogger you're my inspiration.

      Delete
    2. Waduh, Kak Andy.. terima kasih banyak atas sharingnya, aku jadi malu 😂 aku mah apa atuh, aku juga masih pemula kok jadi mari kita sama-sama belajar dan berkembang untuk menjadi lebih baik lagi ya. Semangat! 💪🏻

      Delete
    3. Sama-sama mbak, hehe

      Iya mbak ini lagi proses belajar, biar bisa berkembang kayak adonan roti. 🙈 Hehe
      Mbak juga semangat ya. ☺
      Terima kasih sudah berkunjung kembali.

      Delete
    4. Ikut nebeng di sini aja ah komennya. Hehehe. Halo Lia 😁

      Aku setuju bgd sih sama Lia, kerasa bgd blogger itu respon2nya positif. Saling menyemangati dlm menulisnya luar biasa. Beda sama sosmed2 yg lain, jd wajar aja klo sampe ada yg puasa sosmed.
      Semoga Mas Andy makin betah ya untuk makin nyemplung lbh dlm ke dunia blogger 😍 Ga usah khawatir masalah apakah kontennya cocok atau ga, bahasanya pas atau ga, beda pun ga masalah, justru itulah nanti yg bikin ciri khas kita dr yg lain.
      Eh aku ngomong gini bukannya krna lbh jago ngeblog ya, ga ada apa2nya aku juga. 🤣 Klo aku sih tim hore aja, ngeblog suka buat nyalurin hobi aja. Hehehe..

      Delete
    5. Para blogger senior pasti selalu kasih semangat menulis ya mbak.
      Sangat beda mbak, beda sekali dengan sosmed sebelah. 😄
      Makasih sarannya mbak Thessa, batas sini aja saya udah betah banget mbak, apalagi untuk kedepannya. Mungkin makin seru lagi..
      Makasih kunjungan nya mbak Thessa.

      Delete
  2. Iyaaa kak Eko! Dunia blog itu menurutku dunia yang positif karena orang-orangnya ramah, inspiratif, dan saling support. Bikin semangat untuk terus nuliiss ^^

    BTW kak Eko jangan jadi minder gituuu. Setiap blog punya gayanya masing-masing hehe Seperti judul blog kakak, punya ide kreatipnya masing-masing hehe. Jadi siapa bilang blog kakak lusuh dan buruk??😏

    Mengikut judul dari pos kaka kali ini. Jadi seorang blogger memang asik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, benar sekali, dunia blogger dunia yang positif dan penuh inspiratif.
      Kadang emang bener mba, saya merasa minder sendiri toh mba, kadang melihat isi dari blog para teman-teman blogger, sama seperti mbak prisca ini, tiap artikelnya buat saya kagum sekali. Yeee. Hehe

      Delete
    2. justru yang ngerasa jelek itu kan kak Eko ajaa. Mungkin bisa tuh mengubah "ah kayanya masih jelek nih" jadi diimprove gitu biar jadi lebih baik menurut kacamata kak Eko. Dengan gitu kan jadi bagus...pdahal sbnrnya blog kak Eko juga ga sesuai sprti yang kak Eko bilang da... Hehe

      Ayo terus nulis kak Eko!! Biar makin terasah lagiii

      Aku pun masih belajar teruus. Belajar dari para blogger2 lain. Belajar cara nulisnya mereka gimana..jadi nanti tulisanku ke depannya bisa semakin lebih bagus lagi hehe

      Delete
    3. Siap mbak, intinya harus percaya diri dan yakin.
      Terima kasih atas semangat nya mbak.
      Tulisan mbak udah bagus, mau di bagusin gimana lagi. ☺

      Delete
  3. Tetap semangat blogging, mas.
    Jangan lantas patah semangat jika suatu hari dengan sendirinya bisa melihat sombong tidaknya karakter seorang blogger yang dikenal mas Andy selama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap mas Hima, saya akan terus semangat lagi dan lagi. Bener mas patah semangat bukan jalan hidup, dan melihat sisi karakter seorang blogger itu sendiri harusnya jadi motivasi kita untuk maju kedepan.

      Terima kasih sudah berkunjung kembali ya mas Hima. Salam hangat ☺🤗

      Delete
    2. Sami-sami, mas Andy.
      Salam hangat kembali 🤗.

      Enakan salam hangat daripada panas ya, mas.
      Soalnya kalau panas cepet nguapnya sih, ...
      Apaan sih komenku ini kok bilang panas segala ..., koyo kali akh panas, hahaha 😅

      Happy blogwalking 🙌

      Delete
    3. Haha 😁😁😁 salam panas, masak teloooorrr mas. Wkwkwk.

      Oke mas siap, saya bw terus pokoknya... 👍

      Delete
  4. Asikkk semoga makin betau ngeblog baik update postingan atau bw nya yaaa hihi.. salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mas, semoga dan semoga ya mas Andrie. Salam kenal juga mas.

      Saya re-visit kembali.

      Delete
  5. Dapet komentar dari temen-temen blogger itu memang salah satu dopping buat ngeblog sih. Hahaha. Apalagi kalau dapet komentar dari blogger senior (ya, nggak harus senior lah. Sebut aja blogger panutan—senengnya minta ampun).

    Mungkin karena interaksi di blog itu lebih intens dan personal, jadi selama BW ke temen-temen blogger udah berasa kenal akrab--meskipun belum pernah ketemu langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas senang nya minta ampun, mereka the best lah termasuk mas Wisnu ini juga.
      Interaksi juga Oke banget, walaupun kerjaan saya BW dan selalu memperhatikan setiap artikelnya nah disitu saya mulai belajar.
      Makasih mas sudah berkunjung.

      Delete
  6. saya sepakat mas
    mgeblog itu jauh lebih asyik daripada bermedsos
    seneng bisa dapat kawan baru dan bisa denger cerita baru
    apalagi kalau ada tulisan yang mencerahkan dan bermanfaat

    selama saya ngeblog, saya dapat saudara baru yang kadang cuma ngira karakter orang tsb dari tulisannya
    dan pas ketemu di dunia nyata saya sering dapat kejutan yang membahagiakan

    tetap semangat menulis mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas Ikrom,selain bermanfaat ngeblog juga asyik dapet teman baru, dan bahkan bukan temen baru tapi saya anggap seperti layaknya keluarga sendiri.

      Wah hebat bisa ketemu didunia nyata. Pengen sekali aku mas. Ternyata para blogger itu baik ya mas.
      Gak nyangka jadi sempe segininya aku hari ini..
      Terima kasih mas Ikrom support nya.

      Delete
  7. apalagi kalo blognya bisa ngasilin duit, dobel asiknya! dijamin nagih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar juga kak, tapi persahabatan tidak bisa dinilai dengan uang, tentunya setiap orang butuh uang dan teman.

      Makasih kak sudah berkunjung.. Senang sekali rasanya rame gini. ☺☺☺

      Delete
  8. Saya juga cuma blogger anyaran yang hobi blogwalking 😊
    Bagi saya BW itu seperti baca puluhan majalah gratis dari berbagai genre. Makanya kalaupun tidak di BW balik, saya itu tidak apa apa. Apalagi blog saya juga belum terlalu rajin updet dan niche blog saya pun campur aduk banget hehe
    kadang terlalu serius dengan materi pelajaran untuk murid saya atau sharing penelitian untuk guru lain.

    Tapi kalau ada yg sudi BW balik sih saya tentu sangaaat bahagia. Blog juga rasanya lebih personal. Rasanya seperti membaca tulisan sahabat pena yang saling berkisah meski belum tentu bisa bertemu di dunia nyata

    ReplyDelete
  9. Ah mbak dewi jangan merendah gitu, mbak dewi tetaplah panutan para blogger pemula seperti saya. Yups BW itu kayak jalan-jalan ke gramedia terus bacain buku satu persatu, perjalan dari rumah butuh suatu usaha dan niat yang kuat, jadi tanpa menyentuh/membaca buku itu maka buku tersebut tidak mengenal kita, Kira-kira begitulah kak, hehe

    Apalagi mengingat blog saya yang sederhana ini tak kan mampu memikat pengunjung yang datang.

    Semangat mengajarnya mbak
    Makasih lagi dan lagi sudah berkunjung kembali. ☺

    ReplyDelete
  10. Selamat datang di dunia blogging..
    semoga istikomah jadi blogger..
    jangan lupa terus belajar dan nimba ilmu yaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhh yang di tunggu-tunggu akhirnya datang juga, salam hormat Guru Besar.. Beliau ini yang asal mula membangkitkan semangat membara saya buat ngeblog lagi setelah vacum di blog 2 tahun lamanya.

      Beliau sangat peduli dengan dunia perblogeran, tidak sombong, baik hati, sopan santun, ramah tamah, dan tidak pelit ilmu, bahkan ilmu Beliau tidak tertampung lagi didalam diri saya. Beliau tidak mengharapkan jasa sama sekali, "asal rajin nulis itulah jasa dan bayaran baginya" Ungkap beliau.

      Terima Kasih Kak Molly sudah mau maen kesini. ☺☺☺

      Sehat selalu dan sukses teruuuuussss.....

      Delete
  11. Halo mas, kunjungan perdanaku nih..
    Terima kasih juga sudah menyempatkan diri untuk mampir ke blog ku.
    Seperti yang mas ceritakan, ekosistem blog emang beda, cuman kita emang kudu pinter-pinter juga dan bisa memilah. Karena di pengalaman sebelumnya, waktu aku ikut salah satu komunitas blog, ada semacam tekanan secara tidak langsung kalau ngeblog itu harus di monetize dan goal nya membuat buku.

    G ada yang salah sebenernya dengan hal itu, tapi buat aku yang ngeblog untuk hobi dan mencari kesenangan, buatku ini nggak pas aja. Akhirnya aku keluar dan ngeblog suka-suka, silaturahmi ke sana ke mari, karena emang seasyik itu sih kalau udah cocok ngeblog. Kalau diitung-itung, aku lebih awet ngeblog ketimbang ngesosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar harus bisa memilah biar tidak merasa suatu tekanan, kata-kata yang terakhir mbak bilang itu ada baiknya juga, kalo udah cocok pasti asyik. Hehe makasih juga sudah mampir kesini ya mbak.

      Delete
  12. kalau menurut aku blog mas eko mah sama atuh kayak yang lain, menurutku nda ada istilah senior atau junior mas dalam ngeblog, tapi itu menurut ku pribadi sih..semua sama kok, asal punya blog... rutin nulis ya namanya blogger...nda ada tingkatan mana yang rendah dan mana yang tinggi...sama rata hehe

    lebih menyenangkannya lagi karena setelah puas nulis, salah satu metode menjaring pembaca sekaligus kawan ya beranjang sana dari satu blog ke blog lain dengan catatan kita suka artikelnya sehingga nda ada rasa terpaksa...nah menurutku itulah senengnya berbloging ria..memang sih kalau dalam hal ini aku sering berkunjungnya ke blog yang aku ngerti dan tertarik aja tulisannya, jadi ga semua aku sambangi memang, ya supaya pas membaca lebih enak dan ga kayak diburu buru sesuatu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sharing nya mbak Pratiwi, perbedaan senior dan junior mungkin dari segi pandang saya aja mbak tapi emang iya, blog saya itu beda sama blog teman-teman yang lain nya, saya merasakan hal itu, dan saya mulai belajar dari para senior itu.

      Menurut saya setiap artikel dari beberapa blog semua nya menarik tapi tergantung dari alur ceritanya dan meng expresikan dari gaya bahasa blog itu sendiri saya lebih senang, seolah membaca nya sangat menjiwai sekali. Hehe

      Terima kasih berkunjung kembali. Sukses buat mbak Pratiwi.

      Delete
  13. itu kelebihan blog berbanding social media yang lain. keep on blogging ya👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Anies, lebih asyik ngeblog ketimbang sosmed, saya seperti baru saja dapet tiket masuk untuk nonton suatu acara favorit setelah terjun ke dunia blogging ini. Seru pokoknya ya mbak.

      Terima kasih sudah mau maen kesini mbak Anies. Sukses selalu...

      Delete
  14. Ngeblog memang lebih menyenangkan menurutku karena bisa bebas berkreasi dan juga dapat banyak teman jika rajin blog walking. Kadang aku juga minder, blog aku bagus tidak ya tapi akhirnya aku tepis biarlah dibilang jelek juga karena memang ini kemampuan ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama mas Agus. Asal hobi WB pasti banyak dapet temen baru, sekaligus dapet pengalaman baru. Kalo rasa minder tentu saja sudah saya rasakan sampai detik ini mas, karena mereka lebih hebat karya artikelnya dan tampilan blog nya pada oke semua. Keren ya mas Agus.

      Mas Agus juga sudah termasuk daftar blog favorit saya juga. ☺ dan banyak yang mesti di pelajari sama mas Agus.

      Tetap semangat kitanya mas Agus biar kemampuan makin lebih baik lagi. Terima sudah berkunjung mas lagi mas.

      Delete
  15. Eh iya juga ya.
    Jujur memang orang-orang dalam dunia blog itu jauh lebih ramah ketimbang medsos, di mana kalau pun ada yang komen tuh terlalu bikin gregetan seringnya hahaha.
    Tapi dalam dunia blog itu lebih ramah dan santun kalau berinteraksi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak saya kuwalahan bales koment di blog, dan itu asyik banget trus jadi makin aktif pokoknya. Bener mbak orangnya pada ramah semua. Keren deh kak pokoknya. ☺

      Delete
  16. Dan enaknya lagi blogger itu bisa salin berbagi pengalaman entah tutorial dan masih banyak lagi...Intinya yaa silatuhrami dan saling menghargai..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas itu yang utama, tetap jaga silahturahmi, saling menghargai, makasih sharingnya mas.. ☺

      Mari ngopi mas ☕

      Delete
  17. salam hormat juga mas Andy sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak, kakak juga semoga dalam keadaan sehat walafiat. Salam kenal ya kakak. ☺

      Delete
  18. Aku juga blm lama ini luangkan wkt utk BW, tadinya bikin blog hanya utk nyimpen fail kesehatan, biar ada perlu bs buka lagi. Mau ad yg baca/gak, gak masalah. Dulu berpikir begitu. And sering kunjungan, tapi, suka2 sbg silent reader. Sampai suatu saat ketemu sama temen2 blog yg ramah2 😇

    Jadilah senang BW begitu ad wkt. Demikian....
    Banyak hal positif yg didapet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak, saya juga blogger BW haha, BW itu bagi aku sangat menyenangkan, selain melihat artikel yang menarik dari teman-teman blogger dan bisa juga buat contoh sebagai blog pemula seperti saya ini. Terima kasih sudah mau berkunjung ya kak. ☺

      Delete

  19. Bener itu mas, aku juga lebih suka ngeblog daripada aplikasi - aplikasi lainnya karena ngeblog itu bikin aku happy, bisa tingkatkan sistem imun tubuhku, dan tentunya orang blogger itu ber - etika tak seperti orang yang ada di media sosial lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups setuju sekali sama pendapat kak Tari, saya juga sekarang lebih aktif di blog ketimbang sosmed, saya suka sama hal positif yang ada di dalamnya, apalagi teman-teman blogger tidak sombong. Saat ini saya kuwalahan bales koment di blog, 😁😁😁 gak nyangka bisa tiap hari bales koment, soalnya disosmed ga ada yang koment saya juga males koment, dan diblog ini tentunya sangat seru bagi saya kak bisa aktif bales koment.

      Delete
  20. Iyah bener.. Saya juga nggk nyangka awalnya yah nulis-nulis aja.. Terus dpet satu teman, terus dapet lagi. Yah walaupun saya BW kurang agresif. Jadi maafin saya yah..

    Selain sebagai wadah untuk sharing, tapi dari sering nulis ini yg saya pikir ternyata punya sejuta manfaat.. seperti lebih mudah buat merangkai kata..

    Terus yg lebih hebatnya lagi.. Bisa kenal banyak blogger itu yang nggak nyangka banget.. Dapet ide-ide, info-info, pengalaman yg nggak semua orang bisa ngalamin.. Sehingga kita bisa berpikir lebih open minded...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga awalnya begitu, dan gak kepikiran kalo blog saya bakal di kunjungi sama teman-teman blogger.
      Setelah terjun ke dunia blogger, banyak sekali manfaat yang saya dapatkan,mulai dari wawasan, info, ilmu, terutama teman baru, wah asyik banget dah.

      Delete
  21. Blog menurut saya juga berbeda, yang mampir dan berkomentar di blog itu jauh berwawasan dan punya komentar yang membangun, memberi semangat.

    Berbeda dengan sosial media yang lebih bersifat destruktif, merusak mental. Apapun postingan di blog, komentar para blogger lain itu lebih mendidik, dan dengan bahasa yang baik. Coba bandingkan dengan yang di FB, IG, Twiter.

    Itulah bedanya blog dan para blogger yang memang blogger.

    ReplyDelete
  22. Setuju banget deh sama mas cocoper ini, kita sama berpikir kesitu, sosmed emang kadang gak jelas arah nya, kadang nemuin positif kadang juga banyak negative, kalo blog 99,99% positif banget. ☺☺☺ gak dari dulu kenal yang namanya blog, tapi dulu kan masih sepi belum ada para sahabat blogger seperti yang koment pada blog saya ini mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ...
      Dulu juga sudah banyak blogger yang sudah eksis dan merasakannya manisnya ngeblog. Sama kaya skr para youtuber yang jadi vlogger (eh kebalik ya).

      Nikmati jadi hobi yang menyenangkan dan jangan jadi beban ya

      Delete
  23. Kenalin saya blogger newbie mas...ikutan komentar boleh kan.. hahahahaha...

    Memang tergantung sudut pandang sih, cuma kalau saya pikir yang namanya senior dan junior di dunia blogging nggak ada. Yang ada cuma satu kata blogger. Karena ga ada sistem hirarki di dunia ini.

    Dunia blogging itu seharusnya egaliter, dimana semua sama.

    Mas sendiri jangan minderan gitu atuh. Blogger harus percaya diri (bukan sombong yah) karena dengan begitu ia tidak bakalan mudah terombang-ambing dan bisa dengan gagah bilang.. "Ini jalanku!"

    Tetap semangat mas, apalagi mas sekarang tahu bahwa para blogger biasanya saling mendukung.. kan makin rame makin seru tuh mas..

    Yuk bareng bareng berkembang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Anton, senior blogger 👍👏, newbie itu saya mas, mas ngejek saya ya, hmm.

      Bukan minder mas tapi emang minder 😁🙈 saya rasa saya itu emang blogger pemula mas dan masih butuh bimbingan dari temen-temen semua. Kayak mas Anton ini bisa menjadi panutan saya,
      Saya selalu mendukung mas, dan mudah-mudahan bisa berkembang apa yang mas Anton bilang. Makasih banyak ya mas udah mau maen kesini. 👍🤗🤗🤗

      Delete
  24. Haaai mas, duuuh siapa yg bilang blogmu lusuh :). Tulisannya aja enak dibaca kok.

    Naaah, alasan Krn medsos biasanya hanya utk pamer ini itu, dan jrg interaksi, yg bikin aku jg LBH seneng Ama blog mas.

    Rasanya bisa LBH Deket Ama blogger lain, dan kayak ngobrol aja di box komen. Apalagi kalo ownernya rajin balasin :). Itu kenapa aku ttp setia Ama blog drpd media lainnya.

    Dulu sebelum pandemi, aku srg tuh stiap traveling, lgs cari tau dulu ada blogger siapa di destinasi tujuan. Trus ajak ketemuan. Rasanya happy aja. Temen dunia Maya akhirnya ketemu di dunia nyata :D. Dan so far semuanya ga jauh dr bayanganku. Baik2... :). Semoga aja pandemi bisa cepet berlalu dan bisa ketemuan lagi Ama blogger lain

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.