Apa Itu Podcast? Pengalaman Pertama Mendengarkan Podcast


                     Sumber Foto : inc.com

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Bicara soal Podcast, yang saya tahu hanya suara siaran yang mengandung banyak kisah atau cerita kira-kira begitulah.😁 Pertama kali kenal podcast pada waktu itu saya mendownload sebuah aplikasi musik yang berbayar, lalu ada sebuah menu dan tertulis kan podcast, awal nya belum tahu apa itu podcast tapi setelah di pencet tu tombol, akhirnya terdapat banyak pilihan narasumber dari berbagai penyedia nya,atau seperti station lah, 😁 dengan beragam tema dan topik. Kayak nya seru juga ni, pas dengar salah satu stasiun podcast waktu itu membahas tentang kehidupan, disitu mulai tertarik mendengarkan program suara atau musik perbincangan dari podcast tersebut. (Ndeso kali aku) 😁

Beberapa hari kemudian mulai rutin mendengar podcast sampai begadang, padahal besok pagi kerja, mungkin efek saking serunya dan lucunya saya mendengarkan podcast ini. Tapi pernah terbesit di pikiran saya, bahwa podcast ini seperti radio bahkan saya berpikir lagi apakah mungkin saya doang yang mendengarkan program suara ini? Kebanyakan orang lebih memilih sosial media yang berbasis video, atau langsung ke channel video tetangga sebelah. Namun saya masih tetap ingin mendengarkan podcast tersebut, dan ternyata podcast salah satu tempat sharing yang juga untuk menambah wawasan kita, mungkin yang heboh tentang podcast di tahun 2020 ini saya kali ya. 😁🙈 haha... tentunya ada banyak hal yang didapatkan melalui podcast ini. 

Podcast merupakan suatu berkas digital berupa audio atau berupa suara yang dapat kita dengarkan secara berulang-ulang. Kenapa bisa di ulang ya emang karena pas pertama mau mendengar harus di download dulu. Hmm.. Itu makanya bisa di ulang-ulang. Berbagai macam pilihan berupa berita, kisah, cerita, informasi dan info menarik lainnya yang dapat kamu nikmati. Dan kamu bisa menentukan topik apa yang sesuai dengan selera kamu masing-masing. 

Untuk pertama kali nya mendengarkan podcast ini, suatu hari pernah saya kaget dan tiba-tiba shock hehe lebay, pas waktu lagi asyik dengerin sebuah cerita tak lama kemudian bersambung dan ternyata podcast sendiri memiliki sebuah durasi dan tentunya memliki sebuah episode untuk selanjutnya, jadi waktu itu saya harus berburu episode untuk mendengarkan kelanjutannya, dan hal ini tentunya harus rutin mendapatkan update-an dari siaran itu. 😁

Terkadang rasa bosan juga ada sih, beda dengan video yang ada animasi dan ilustrasi nya yang membuat kita tidak bosan. Tapi hobi dan karakter orang pasti sangat berbeda, ada yang hobinya jadi youtuber, blogger, podcast, vlogger,  menurut saya semuanya oke, dan saya selalu menghargai setiap pekerjaan orang, serta selalu mendukung terhadap orang-orang yang Kreatips dan selalu punya ide untuk mengembangkan bakat mereka dan berbagi kebaikan terhadap sesama. Salah benarnya menurut saya podcast itu seperti itulah atau mungkin podcast juga bisa menjadi wadah inspirasi untuk konten di blog kita. Mungkin teman-teman sudah sangat paham tentang podcast ini.


Semoga mendengarkan. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. Nggak kok kamu nggak sendrian.. Saya sering denger podcast.. Nggak di youtube kok seringnya di spotify. Sering banget kalau semisal besok nggak lagi shift pagi, pasti malamnya menjelang tidur itu dngerin lagu atau podcast. Podcast yg di dnger nggak pernah jauh2 dari kisah horror sih.. wkwk.. Walaupun bukan penggemar film horror.

    Iyh bner banget. Tiap orang punya preferencenya masing-masing. Ada yang senang mendengarkan daripada melihat, ada yang senang membaca daripada mendengarkan, macam-macam.. :).. Kalau saya sih suka semuanya.. :) Terutama menonton kartun sambil makan Indomie di tengah-tengah malam.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah ada temen buat dengerin podcast hehe,
      Nah aplikasi yang kita pake sama mas, spotify. Tapi mas spotify versi horor wkwkwk

      Gak kebayang saya mas nonton kartun sambil makan indomie ditengah malam. 😁😁😁ada-ada saja mas Bayu wkwkwk

      Delete
  2. Menurutku podcast paling asyik didengerin sambil tiduran sih, sambil bersantai.
    Jadi bisa ngebayangin adegan yang diceritain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas mas ntar ilusi hehe, tapi saya gak yakin mas Rudi dengar nya sambil tiduran dan bisa ngebayangin adegannya, saya yakinnya mas Rudi pasti tidur, dan itu salah satu jalan buat cepat ngantuk trus terlelap 😁😄

      Delete
  3. Jujur ya mas aku tuh belum pernah dengerin podcast ..., hahaha malunya aku kok hari gini aku ngga tau sebenarnya apa itu podcast 🤭.

    Aku jadi penasaran setelah mas Andy penasaran berburu kisah serial di podcast ..
    Sepertinya kisah2nya menarik diikuti yang ada disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas saya baru bulan kemarin tau apa itu podcast, 🙈🙈😁

      Cobain aja dulu mas mana tau ketagihan. Hehe

      #KapanBisaNgetripBarengmasHim

      Delete
  4. Saya jarang dengar podcast mas, hanya beberapa saja biasanya soal finansial yang dibahas oleh advisor langganan hehehehe ~

    Podcast ini memang mirip radio, cuma bedanya nggak ada interaksi langsung ke pendengar macam radio di mana kadang kita bisa telepon ke penyiarnya hahahaha *jadi ingat masa muda* 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirip sekali dengan Radio kak, tapi enaknya ada banyak pembahasan dan pilih sesuai selera kita ya kak.

      Berarti kak Eno pernah kirim-kirim salam dong lewat radio😄😄😄 ketahuan..

      Delete
  5. Kamu ga sendirian Andy hehehe.. Kalo aku sendiri sekarang ini lebih suka dengerin podcast dibanding nonton video di YouTube malah, karena dengerin podcast tuh bisa sambil kerja atau melakukan hal lain. Beda sama video yang harus ditonton terus kan 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih kak Eya, ternyata ada kak Eya juga yang doyan denger podcast. Cocok banget emang sambil dikantor dengar nya, tak lupa cemilan, matiin PC trus rebahan. 😁😁😁

      Delete
  6. Aku sudah pernah dengar podcast tapi jarang mendengarkan sih, seringnya ya lihat video YouTube saja karena enak ada gambarnya.

    Kalo bahas podcast kok jadi ingat dengan sandiwara radio jaman dahulu seperti tutur tinular atau misteri gunung Merapi, jadi yang didengar cuma suaranya tapi enak lho bahkan bikin ketagihan, tiap hari menunggu episode selanjutnya.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha tiap kali baca koment mas Agus ini selalu NGAKAK di buatnya 🤣🤣 ah gak bisa bales koment mas Agus makin geli aku mas. 🤣🤣

      Kalo mas Agus tau film Tutur Tinular dan misteri gunung merapi berarti mas Agus ini kelahiran dibawah tahun 1988 😁😁😁

      Delete
  7. Aku malah blm pernah dengar podcast🤗
    Seringnya denger yutube...
    Tapi, nanti mau cobain ah, biar gak ketiggalan
    Thanku ya mas Andy, artikelnya..
    saya jd tahu ttg podcat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kak Ike, selamat mencoba ya kak, hehe
      Sama-sama Kak, blog kakak juga sangat bermanfaat, pokok nya lengkap soal info. Sukses selalu kak Ike.

      Delete
  8. Podcast yang sy tw ya sejak di channel nya Dedy Corbuziers aja. Dulu2 istilah ini kayanya gak ada ya.
    Ada paling bincang3 radio atau talkshow gitu. Kalau sekarang ada aja istilah begitu. Lihat sj tren beberapa tahun ke depan, pasti ada lagi istilah baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga baru tahu nya tahun 2020 ini 🤣🙈 jadi malu saya.

      Bener mas setiap jaman pasti ada masa perubahan dan istulah baru.
      Tergantung cara kita menyikapi nya untuk hal itu kedepannya.

      Delete
  9. Aku sampe skrng blm pernh dengerin podcast loh 🙈🙈 Banyak temen2 yg promosiin podcast, termasuk podcast yg bahas2 tentang buku juga banyak, tapi kok ya aku ga berminat nyobain ya. Lbh seneng baca dr od dengerin lama gt 😅 Youtube aja paling aku cma pake jg buat dengerin lagu aja, jarang nonton yg lain. Saya setuju bgd sama Mas Andy yg bilang semua orng kan punya ide kreatif masing2, dan tergntng merke menyalurkan lewat media mana..👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ka Thessa ini ada-ada saja. 😁🤣
      Iya kak saya aja heboh nya di tahun ini, dan gak terlalu suka juga sih, tapi kalo pas suka sama cerita nya baru mau dengerin 😁

      Mantap banget dengerin musik aja pake yutub. Keren keren 👍👏
      Makasih kak Thessa

      Delete
  10. jangan tanya saya. saya pun tak tahu apa itu podcast hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalah 🤣🤣🤣 sama aja kita bertiga dengan kak Thessa.
      Coba dulu dong kak Anies podcast nya mana tau jadi hobi. Hehe

      Delete
  11. Mungkin karena saya tipe visual-kinestetik, jadi untuk 'sekadar mendengarkan' podcast belum menemukan asiknya. Padahal ya menikmati juga konten podcast di youtube, karena ada visualnya hehe.

    Padahalnya lagi, saya sendiri punya beberapa konten podcast di spotify! Wkwkwkwk. Sayang, belum sampai sepuluh sudah tertinggal di belakang oleh aktifitas yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar juga ketemu kak asyik nya hehe,
      Hebat ya kak, udah ada konten podcast di spotify, keren. Apa channel nya kak?
      Terkadang aktivitas menyita waktu kita kak 😔

      Delete
  12. Aku juga suka dengerin podcast kok, kak Andy, seringnya di spotify karena kebetulan punyanya itu—biar bisa dengerin musik juga😁. Podcast sendiri punya cerita yg panjang di indo sebelum bisa berkembang sampai saat ini. Kayaknya nanti aku mau ceritain deh di blogku lebih lengkapnya. Btw kak Andy kalau mau dengerin podcastku boleh lho kak ada di widget, siapa tau suka😳 *hahahaha dasar malah promosi ini mah🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah! Ada temen podcast juga ternyata.
      Boleh kak boleh, ntar aku siap dengerin, suka gak suka yang penting dengerin dulu aja ya kan kak ☺

      Delete
  13. Podcast itu sekarang bisa jadi lahan nambah penghasilan juga loh.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak moly, bener juga, bisa nambah penghasilan, wawasan dan juga bisa menjadi refrensi buat nulis artikel haha. Sehat selalu ya mbak moly.

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.