Apa Itu Kue Odading dan Bagaimana Cara Membuatnya


                Sumber Foto : resepkoki.id

Idekreatips.com - Selamat Pagi Sobat Kreatips. Baru-baru ini warganet di heboh kan oleh sebuah makanan yang bernama Odading. Apa itu Odading, dan jenis makanan/kue apa Odading ini, siapa yang pertama kali memberi nama Odading ini?mari kita ulas secara detail di idekreatips. 

Odading merupakan makanan yang terbuat dari tepung terigu, nama nya yang begitu unik membuat makanan ini viral di media sosial saat ini. Banyak orang mencari tahu tentang makanan ini, tak heran jika makanan Odading menjadi trending topik di media sosial. 

Sejarah Odading sendiri pada tahun 1985,kue Odading ini salah satu menjadi makanan kesukaan para anak-anak dimasa itu, dan Odading hanya makanan atau kue ringan yang bisa menghilangkan rasa lapar sesaat. Usut punya usut ternyata Odading ada kaitannya dengan hubungan keluarga para warga Belanda pada masa itu. Hal ini pernah di ceritakan oleh sastrawan dan para ahli bahasa yaitu Remy Sylado. 

Mengetahui asal usul terbentuknya nama Odading yang berasal dari, ketika seorang nyonya asal belanda dan bersama satu orang anaknya, ketika waktu itu ada seseorang penjual kue Odading ini, dan nyonya tersebut membuka jualan pedagang itu dan nyonya berkata kepada anaknya, lalu berkata "o dat ding? " dengan bahasa belanda yang artinya "o barang itu? Begitu lah asal usul dari sebuah nama Odading tersebut. 

Dengan hal itu maka kue Odading menjadi salah satu bahan perbincangan para warganet Indonesia, selain namanya yang unik dan Odading juga mempunyai rasa dan tekstur kue yang tergolong enak. Bagi Anda yang hobi membuat kue dirumah ada baiknya Anda mencoba resep untuk membuat kue Odading ini. Beberapa bahan yang wajib kamu siapkan untuk membuat kue Odading tersebut. 

Pertama-tama yang perlu Anda siapkan adalah

Tepung terigu 200 gram

2 butir telur

250 ml air hangat

250 gram gula pasir

1 sdt ragi

1 sdt garam

Dan yang terakhir minyak goreng

Cara membuatnya 

1. Kocok telur sampai mengembangkan, gunakan mixer listrik agar kocokan telur lebih mengembang dengan maksimal. 

2. Masukkan ke dalam tempat atau wadah kocokan telur yang sudah mengembang setelah di mixer tadi. Lalu campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi, dan tambahkan sedikit garam lalu aduk rata sampai semua mencampur dan menjadi sebuah adonan. 

3. Setelah adonan dimasukan kedalam wadah tutup hingga rapat, bisa di gunakan tutup memakai serbet kain atau tutup lainnya seperti plastik, lalu diamkan selama 1 jam saja. 

4. Kemudian, adonan yang sudah di diamkan selama 1 jam tadi, Anda dapat membukanya, setelah itu adonan bisa di bentuk sesuai selera Anda, setelah di bentuk adonan tersebut, siapkan atau panaskan minyak goreng untuk proses penggorengan. 

5. Setelah minyak sudah panas maka masukan adonan kedalam wajan penggorengan dengan minyak panas tersebut lalu goreng sampai warna kuning keemasan atau cokelat.

6. Kemudian angkat kue Odading tersebut dan siap untuk disajikan.


Selamat Mencoba.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments

  1. Gara2 viral odading jadi terkenal yaa...Padahal kue odading sudah ada sejak dahulu...Cuma mungkin sekarang tampilannya saja dibuat lebih menarik.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener sekali mas, sebenarnya tu kue udah lama.
      Thanks to visit.
      Saya re-visit kembali

      Delete
  2. Replies
    1. Sudah tapi dalam bentuk roti goreng atau roket wkwkwkw

      Delete
  3. Oh ternyata itu toh kue odading, perasaan waktu kecil kadang makan kuenya. Rasanya enak, mungkin karena jarang ada jajanan waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kang, mungkin waktu kecil pernah nyobain tapi beda nama.

      Thanks to visit kang.

      Delete

  4. Kue odading, sekilas mirip roti montor kue yang rasanya itu manis, dan lekit yang bisa ditemui di penjual pinggir jalan ataupun di mbak - mbak penjual sayuran keliling . Pokoknya kalau dah nyobain odading / kue montor tak mahu berhenti pengen makan lagi dan lagi. 🤫🤭🤭🤭🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mirip ya mbak, kue montor itu seperti apa ya mba, apa mirip seperti roti goreng isi kelapa?
      Ntar saya browsing kue montor nya.
      Thanks kunjungannya mba.
      Saya re-visit kembali.

      Delete
  5. nggak tau kenapa pada suka odading,,, saya malah lebih suka cakwenya ketimbang odadingnya.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi suka karena mungkin viral kemaren mas, wkwkw
      Biasanya sih gitu, setelah viral pasti banyak yang cariin,
      Saya juga baru denger itu makanan Odading.

      Delete
  6. Ternyata asalnya namanya dari jaman Belanda.. unik juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, konon nya hehe

      Makasih sudah mau berkunjung bang.
      Saya re-visit kembali.

      Delete
  7. Saya beneran baru tahu ini lho, dari kemarin cuma dengar aja tapi belum sempat kepoin si odading ini, ternyata bahan dan cara buatnya cukup mudah ya, jadi pengen coba.
    Terima kasih resepnya ya Mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan saya mbak diah telat bales 🙏🙏🙏 ya Allah jadi gak enak rasanya.

      Saya bales ya mbak.
      Iya mbak, kayaknya jenis makanan ini sudah lama keberadaan nya, tapi lagi hangat di perbincangan kan soal namanya yang unik ini, kata netijen sih mbak.
      Resep cukup mudah mbak, dan gak ribet, saya yakin mbak pasti bisa cara membuat nya.
      Terima kasih sudah berkunjung ya mbak Diah.

      Delete
  8. Dan aku baru ngeh itu kue namanya odading setelah viral. Selama ini nyebutnya kue bantal ato cakwe manis hahahahaha. Tp aku memang ga terlalu suka mas, Krn lebih milih cakwe yg rasanya gurih :). Jd odading yg cendrung manis ga terlalu ngeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, saya juga baru taunya bulan-bulan ini, sampe sekarang juga belom pernah cobain wkwkw.

      Oh jadi selama ini kue bantal, pantes mirip bantal,

      Btw kalo boleh tau cakwe itu apa ya kak? 🤔

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.