Tips Merawat Mesin Pada Motor Trail

                   Photo by idekreatips.com

Halo sahabat kreatips, salam satu aspal satu tujuan, kali ini kita akan membahas soal raja offroad yaitu motor trail, bukan hanya raja offroad saja tapi bisa juga untuk onroad yakni di jalan raya. Dibarisan artikel saya kali ini khususnya Anda pecinta adventure dan hobi bertualang didunia lumpur, tentunya tak heran lagi untuk berseluncur didunia offroad tapi perhatikan juga cara merawat kendaraannya biar performanya tangguh dan handal terhadap medan yang di tempuh. 
Berikut Tips Merawat Motor Trail. 

                  Photo by idekreatips.com

1. Rantai Roda
Pertama yang paling penting adalah untuk memperhatikan rantai roda, ya rantai adalah salah satu komponen yang penting dalam dunia trail, karena akan sering terjadi gesekan antara rantai dan gear roda maka terjadilah keausan terhadap rantai roda. Perhatikan sebelum Anda mendapatkan kendala serius mengenai rantai roda ini, tidak hanya aus, rantai roda juga dapat kendor, maka hal yang harus ditindak adalah, rutin untuk pengecekan pada rantai, cuci bila perlu lalu lakukan pelumasan pada rantai tersebut guna memperlancar jalan kendaraan. 

                 Photo by idekreatips.com

2. Steering Stem
Terkadang kita pernah terpikir untuk menguji mental diri kita dengan bermanuver atau loncat disuatu medan dengan bertanjakan yang cukup tinggi, maka dari itu hal ini dapat memicu kebocoran pada seal shockbreaker Anda serta dapat merusak steering stem, setiap lintasan pasti para pengguna trail akan menikmati medan yang ditempuh, bukan hanya steering stem tapi perhatikan juga steering head pada bagian stang untuk selalu menyetel mur stabilizer demi keamanan kendaraan saat melintas dijalan yang bergelombang. 

                Photo by idekreatips.com

3. Oli dan Suku Cadang
Sobat trail sudah seharusnya kita pada setiap bulannya mengganti oli, pada dasarnya itu sudah menjadi kebutuhan sistem kerja mesin pada motor trail Anda, pergantian oli pada setiap bulannya guna untuk merawat mesin motor Anda agar tetap prima dan performanya semakin terjaga, dan dapat menghasilkan tenaga yang extra. Tak lupa juga untuk mengganti suku cadang asli jika terdapat kendala lainnya. Pergantian oli juga dapat dilihat dari tingkat keenceran oli tersebut, mesin yang terus menerus digunakan akan membuat oli cepat panas dan berefek samping pada mesin yang cepat panas.

                   Photo by idekreatips.com

4. Tali Gas dan Kopling
Tak bisa di pungkiri, tiap motor trail pasti punya gaya tersendiri dengan sering memainkan gas maka yang harus perhatikan adalah lakukan pengecekan pada tali gas dan kopling Anda, setiap raider pasti membutuhkan tarikan gas yang responsif dan spontan guna untuk berpacu dan melintas dimedan yang lumpur yang penuh bebatuan. Kedua fungsi berikut saat berkaitan dengan laju jalan kendaraan, karena pada dasarnya gas dan kopling selalu dilakukan secara bersamaan. 

Sobat idekreatips dan pecinta offroad saya selalu menghargai bakat Anda tapi semuanya pastikan untuk terus mengecek performa mesin Anda dengan cara merawatnya secara rutin dan berkala. Setiap mesin pasti punya kendala dengan mekanisme yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kinerja yang optimal para raider juga harus rajin merawat kendaraan tiap kali sudah dipakai offroad. 

Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 
Sharing is caring. 

Comments