Tips Kebersihan dan Menata Area Dapur Agar Efektif


Idekreatips.com - Dapur salah satu tempat yang wajib akan kebersihan nya, selain bersih dapur juga harus mempunyai tata ruang yang leluasa, bukan leluasa dalam arti luas, tetapi punya suasana yang membuat keadaan lebih nyaman. Walaupun kita miliki dapur yang sedikit kecil, manfaatkan ruang dapur yang kecil ini menjadi lebih efektif dengan tata ruang yang didesain sebagus mungkin dan yang pasti tidak mempengaruhi kinerja masak kita pada suatu area dapur. Hal memasak sangatlah penting untuk keluarga, selain membuat masakan yang higenis kita juga dapat memasak dengan tenang dan nyaman. Di samping itu juga kita harus perhatikan perabotan dan jenis alat masak lainnya, sehingga bisa dengan nyaman kita berada diruang dapur kita yang sederhana ini. Kebanyakan dari ibu-ibu selalu mengabaikan suasana dapur yang berantakan, dan ketika selesai memasak terkadang ibu-ibu lelah dan lupa akan kewajiban membersihkan area dapur tersebut dan pada akhirnya terbengkalai. 

Cara merubah area dapur yang kecil dan sederhana bukan berarti Anda harus merenovasi dengan biaya yang banyak tetapi bisa Anda lakukan dengan cara mengatur area sehingga terlihat lebih leluasa, nyaman dan tenang dengan opsi yang sesuai dengan keadaan dapur, misalnya, kebanyakan ibu-ibu meletakkan gelas dan bumbu masakan serta alat-alat masak di tempat terbuka, hal ini seharusnya lebih diperhatikan, jika Anda memiliki sebuah lemari dapur alangkah baiknya jika suatu tempat bumbu masakan disimpan di laci lemari dapur, hal ini bertujuan agar lebih efektif dan tidak mengganggu suasana serta akan menjadikan lebih rapi. Selain lemari Anda dapat menggunakan rak tempel yang biasa ada di bagian atas, rak tempel juga bisa berguna untuk menyimpan alat-alat masak agar lebih rapi dan simpel. 

Dalam urusan memasak tentunya harus mewajibkan kebersihan pada area dapur. Gunakan laci lemari dapur untuk menyimpan bumbu dan perabotan seperti gelas dan piring. Gunakan rak tempel untuk menyimpan peralatan memasak, kebanyakan ibu-ibu selalu menggantung alat-alat masak pada bagian dinding dapur dan hal ini menjadi kesan yang kurang efektif dan dapat merusak suatu pandangan terhadap area dapur.


Gambar 1.1

                  Sumber Foto : femina.co.id
Lemari Laci

Gambar diatas adalah contoh penyimpanan bumbu masak secara praktisi tentunya, sangat menarik bukan? Tentunya kita akan nyaman dengan penyimpanan seperti itu, selain rapi dan juga sangat mempermudah untuk mencarinya bila di butuhkan. Lihat pada Gambar 1.1

Gambar 1.2

            Sumber Foto : dapurkerenbunda
Warna Dinding

Pilih warna dinding sesuai dengan selera Anda, guna untuk menumbuhkan rasa semangat ketika berada di dapur, tentunya semangat masak juga akan timbul dengan warna favorit untuk area dapur. Hal ini dapat menumbuhkan rasa yang nyaman sambil memasak tentunya.


Gambar 1.3

                     Sumber Foto : catkayu.com
Rak Tempel Sederhana

Jika Anda tidak memiliki rak tempel ada opsi lain untuk menjadikan dapur Anda terlihat lebih elegan, yaitu dengan membuat rak sederhana untuk meletakan alat masak dan tempat barang lainnya. Lihat pada Gambar 1.3


Gambar 1.4

            Sumber Foto : dapurkerenbunda

Hiasan Mini

Berikan hiasan dinding seperti gambar-gambar peralatan memasak, gambar buah-buahan yang berhubungan dengan memasak atau tambahkan tanaman hias di sekitar area memasak, seperti pot bunga yang berukuran kecil, hal ini dapat menjadikan suasana lebih nyaman. Lihat pada Gambar 1.4

Sirkulasi Udara

Usahakan ruangan dengan kontrol sirkulasi udara yang baik, hal ini sangat bagus untuk keluar masuknya udara pada ruangan dapur Anda, terkadang dapur dapat menimbulkan asap yang disebabkan oleh masakan kita, maka dari itu buatlah sirkulasi udara pada area dapur, jika Anda mempunyai budget yang banyak makan buatlah sebuah blower udara yang dengan otomatis dapat membuang asap dan bau yang ditimbulkan oleh masakan. 

              Sumber Foto : pemadamapi.com
Keamanan Area Dapur

Apa salahnya jika Anda mengantisipasi untuk sebuah resiko pada saat Anda memasak, terkadang kita akan lalai dan lupa saat memasak, hal ini dapat menyebabkan kebakaran pada area dapur Anda jika Anda lalai, sebaiknya saran saya tambahkan alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan) demi menjaga situasi dan kondisi pada area dapur yang beresiko bahaya akan kebakaran.

                 Sumber Foto : happyfresh.id
Kebersihan Area Dapur

Yang terakhir adalah kebersihan, kebersihan salah satu kunci dalam memasak, pada dasarnya dengan menerapkan kebersihan pada area dapur tentunya kita memiliki kualitas masakan yang sangat higenis dan bebas dari kuman dan kotoran. Banyak sekali terdapat kotoran pada area dapur setelah memasak, seperti percikan minyak goreng, tumpahan bumbu dapur, sampah potongan sayur, dan kantung plastik. Hendaklah Anda selalu perhatikan akan kebersihan ini, berikan/letakkan kotak sampah yang berukuran kecil pada area memasak Anda, karena kebersihan adalah kunci dari kesehatan dalam memasak. 

Banyak hal lain yang dapat kita lakukan pada area dapur Anda, gunakan pola pikir kita yang baik dan temukan ide-ide kreatips untuk merubah suasana disekitar menjadi lebih baik lagi demi untuk kepentingan keluarga dan kepentingan bersama.

Semoga bermanfaat. Terima Kasih. 

Sharing is caring. 

Comments