Tips dan Saran Untuk Pola Pikir Lebih Maju Saat Menghadapi Masa Pandemi


                 Sumber Foto : iecl.com

Idekreatips.com - Selamat Pagi sobat Kreatips. Salam hangat. Membahas soal masyarakat yang tidak mampu saat pandemi seperti yang kita alami saat ini, banyak dari mereka kehilangan suatu pekerjaan dan kekurangan akan bahan pokok untuk kebutuhan keluarganya. Hal ini sangat memprihatinkan terlebih pada kondisi keuangan mereka, untuk makan sehari-hari saja mereka susah apa lagi untuk membeli atau mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Terkadang kita sangat sedih melihat situasi sekarang ini, tercatat banyak pengangguran yang semakin meningkat tiap hari nya, pengemis,dan tindak kejahatan pun semakin menjadi-jadi hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi karena wabah pandemi ini. Bagaimana pendapat pemerintah tentang hal ini? Saya yakin pemerintah akan atasi dan membantu masalah ini. 


              Sumber Foto : Tribun Jogja

Beberapa waktu pekan yang lalu saya bertemu dengan seorang pedagang koran sambil berdiam duduk didepan salah satu rumah makan, perkiraan umurnya sekitar 36 tahun dan itu umur yang sangat produktif sekali, dan masih mampu untuk berusaha menjadi layaknya pekerja umum lainnya, saya pun tak segan-segan melontarkan pertanyaan kepada orang itu, disalah satu rumah makan yang saya temui pas selesai makan, saya melihat sosok penjual koran tersebut dan bertanya,

Saya : kak saya beli korannya satu.

Penjual koran : boleh,

saya pun segera membayar harga koran tersebut. Sambil membayar dan bertanya, 

saya : sudah berapa lama jualan koran? penjual : baru beberapa bulan yang lalu, semenjak di PHK dari perusahaan.

Yang terbesit pada pikiran saya waktu itu pasti di PHK dampak dari wabah pandemi ini. Dan saya balik bertanya,

Saya : dipecat karena apa kak, dan dia menjawab

penjual : pengurangan karyawan atas pandemi covid-19,

dugaan saya sangatlah benar. Saya terus melontarkan pertanyaan, dan timbul suatu pernyataan yang sedikit membuat dia semangat. 

Saya : saya menjelaskan pentingnya memanfaatkan waktu luang untuk belajar di internet serta mencari motivasi untuk diri kita. 

Diskusi kami membahas pentingnya internet untuk diri kita dan berbagai hal yang dapat kita lakukan dengan kemajuan teknologi dijaman serba digital ini, serta dapat membawa kita ke tujuan dan arah yang lebih positif. Sebagai penjual koran harian itu adalah pekerjaan yang mulia ketimbang melakukan hal kriminal, karena setiap orang yang mau berusaha dengan niat dan bersungguh-sungguh akan membuahkan hasil dimasa yang akan datang. 

Bekerja bisa kita lakukan di siang hari dan manfaatkan waktu pada malam hari seperti belajar di internet, yang jadi pertanyaan kenapa orang selalu berpikir sukses secara instan, dan tidak mau secara bertahap, artinya orang lebih memilih bayaran secara langsung didepan mata ketimbang merilis dan merintis suatu usaha baik itu di dunia nyata atau pun didunia internet. 

Orang yang selalu berpikir seperti itu tidak akan maju, mereka lebih mementingkan hal yang instan, bayaran yang langsung dan malas berpikir ke depan, dan pendek cara pola pikirnya untuk maju. Sampai kapan kita harus seperti itu? Mulailah bergerak berubah mencari refrensi yang akan menjadi motivasi bagi kita. 

Satu pertanyaan lagi, jangan bangga menjadi karyawan, karena sudah banyak di antara karyawan mengeluh atas bekerja di bawah tekanan, ada juga masalah gaji dan lain sebagainya. Setiap karyawan punya hak atas dasar-dasar nya dalam bekerja, setiap karyawan wajib mengikuti SOP atau prosedur dari perusahaannya, tak heran jika terkadang karyawan kebanyakan mengeluh atas masalah ini, dan efek apa yang akan timbul? Terutama stress, kelemahan pada mental kerja, terikat pada suatu masalah dalam bekerja, maka dari itu mulailah untuk berpikir lebih maju kedepan. Sampai kapan kita terus menerus menjadi kuli perusahaan ? Intinya jika Anda mengandalkan gaji dalam satu pemasukan, ibaratnya seperti satu kaki meja yang untuk menopang meja, jika satu kaki meja patah maka langsung roboh karena tidak ada kaki lainnya, beda dengan meja dengan kaki empat nya, jika satu patah maka meja akan bergoyang tapi tetap berdiri karena memiliki tiga kaki lainya. 

Kesimpulan yang bisa di ambil disini adalah, gunakanlah pola pikir yang bisa memotivasi diri Anda sehingga Anda bisa bergerak maju kedepan. Belajarlah dari sebuah internet yang memacu berkembangnya pola pikir Anda, bergaul dengan orang-orang yang penuh inspirasi dan ilmu yang berguna, terapkan pada kehidupan kita, berusaha dan terus berusaha. Berbagai macam aplikasi yang mendukung daya tarik kita dalam melakukan hal yang positif, selanjutnya bisa kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. Pelajari apa yang menurut Anda bisa dipahami dan dikerjakan. Cari peluang usaha yang menjanjikan, jangan takut akan kegagalan, merintis itu lebih baik dari pada banyak bicara tapi tidak ada bukti. 

Saya selalu mendukung dan ikut serta pada masyarakat yang kurang mampu dan  peduli terhadap mereka, sedikit demi sedikit saya selalu memberi arahan yang terbaik buat mereka dan kurang lebih akan selalu membantu antar sesama yang membutuhkan. 

Semoga terinspirasi. Terima Kasih.

Sharing is caring. 

Comments

  1. Covid19 punya dampak yang sangat besar sekali. Perusahaan farmasi yang dipikir hanya sedikit terdampak ternyata tidak, sama juga dampaknya, karena daya beli menurun.

    Memang harus kreatips, ups kreatif saat ini berpikirlah jadi seorang bussinesman, supaya bisa menghasilkan uang.



    Btw tampilan blognya sedang berubah, sedang ada pembangunan template rupanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sependapat mas, berpikir untuk maju itu sangatlah perlu, karena masa depan ada ditangan kita sendiri.

      Lucu dengar pembangunan template 😂, hanya saja penyesuaian template mas.

      Delete
  2. Memang di era pandemi seperti sekarang apa pun terdampak ya, banyak lini memberlakukan pemangkasan karyawan demi masih bisa berproduksi. Semoga semua yang sekarang sedang mengalami kesulitan segera mendapatkan jalan untuk bisa mengais nafkah kembali walaupun untuk memulai suatu usaha (andai jadinya beralih ke usaha mandiri), memang harus dimulai dari nol lagi. Karena kesuksesan memang jarang adabyang sifatnya instan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mba, biasanya yang instan itu ga bakalan bertahan lama, lebih baik merintis dari nol dan bisa membangun keadaan lebih baik dimasa yang akan datang.

      Terima kasih sudah berkunjung mba.

      Delete
  3. awal pandemi dulu, berita banyak menyiarkan soal phk, sedih liatnya. dan pekerja yang sebagian besar jualan di jalan juga terkena imbasnya. banyak pabrik tutup, kantor mengurangi jumlah pegawainya
    bahkan beberapa warga yang terkena phk, tetep semangat membangun bisnis mandirinya. luar biasa semangatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkadang saya turut prihatin banget, kasian mereka yang hilang pekerjaan, tapi semangat mereka tak pernah pudar.
      Saya pengen sakali ngajarin mereka berkarya di internet meski saya baru belajar juga.

      Delete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.