Tips Merawat Sepeda dan Pola Hidup Sehat Dengan Bersepeda


                                    Photo by idekreatips.com
Sebagian dari kita perlu dan harus memulai gaya hidup sehat, banyak cara untuk melakukan pola hidup sehat, cukup dengan olah raga, senam, atau bersepeda. Olahraga mungkin sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, dan kali ini kita akan membahas Pola Hidup Sehat Dengan Bersepeda dan Tips Cara Merawat Sepeda Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak. 
Di Indonesia khususnya bersepada sudah menjadi peranan penting bagi masyarakat nya, terutama di ibu kota, jakarta merupakan angka terbesar para gowes melakukan aktivitas ini di jalan-jalan di ibu kota, mulai dari orang tua, dewasa, muda-mudi dan terdapat beberapa anak-anak yang sudah mulai bersepeda dengan didampingi orang tua mereka. Ada beberapa kota yang memprioritaskan bersepeda sebagai olahraga yang efektif,dengan berbagai macam varian dan motif sepeda suasana ini menjadi menarik ketika kita berjumpa di pinggiran jalan raya. Di Palembang khususnya dari kalangan menengah sampai kalangan atas melakukan kegiatan bersepeda, pada hari sabtu dan minggu banyak sekali terlihat orang-orang yang bersepeda dengan harapan untuk menerapkan pola hidup sehat, di jembatan Ampera adalah salah satu sasaran mereka untuk memulai aktivitas bersepeda ini. Tak heran jika pada sabtu dan minggu sangat ramai diisi para pengguna sepeda. 
Banyak manfaat dari bersepeda ini antara lain, dapat melatih detak jantung, pernafasan hingga pergerakan otot kaki, kenapa orang memilih untuk bersepeda ketimbang olahraga dirumah, karena di rumah terkadang terasa bosan dengan suasana dirumah, beda halnya bersepeda yang pindah dari suatu tempat ke tempat lain, disitulah para pesepeda ini memanfaatkan suasana nya di berbagai tempat. 

Penjelasan diatas adalah pola hidup sehat dengan bersepeda. 
Berikut ini adalah tips merawat sepeda agar awet dan tidak cepat rusak. 


                                    Photo by idekreatips.com
1. Perhatikan rantai, rantai sepeda yang kendor dapat memicu laju sepeda dan resiko yang di timbulkan dapat terlepas dari gear atau gigi roda, kemungkinan besar rantai dapat putus dan kondisi tidak terkendali. 



                                    Photo by idekreatips.com
2. Gigi roda depan dan belakang, sebaiknya sebelum menggunakan atau memakai sepeda, ada baiknya gigi roda di semprot dengan cairan yang mampu menghilangkan karat pada sepeda, atau diberi oli bekas agar rantai dan gigi roda dapat berjalan dengan lancar. 



                                   Photo by idekreatips.com
3. Bersihkan as tengah pada jari-jari roda atau velg jari, guna untuk memperlancar perputaran bearing atau klahar,yang terdapat pada lingkaran velg jari tersebut. Jika bearing mengalami kendala ketidakstabilan maka bearing tersebut sudah pecah atau hilang perbutirnya, tentu saja hal ini memicu perputaran roda menjadi tidak stabil. 



                                    Photo by idekreatips.com
4. Perhatikan tali rem atau seling rem, pemakaian rutin dapat menyebabkan seling rem mudah putus dan aus, begitu juga cakram dan kanvas nya, ada baiknya Anda teteskan oli kedalam selang rem agar memperlancar tarik ulur pada mekanisme kerja nya. 



                                     Photo by idekreatips.com
5. Jok,sadal atau tempat duduk nya, atur sesuai dengan selera Anda, dan tidak dianjurkan juga untuk yang lebih tinggi dari pada stang/kemudi/kendali sepeda, karena dapat mempengaruhi pundak yang cepat terasa nyeri dan pegal. 

Mungkin itu saja tips pola hidup sehat dan tips merawat sepeda. 
Semoga bermanfaat. Terima Kasih.
Sharing is caring. 

Comments