Perawatan mesin motor 2 tak

Sabtu, 21 Januari 2017
Kawasaki ninja R 150 cc - Photo by hargaterbaru99.blogspot.com
Idekreatips - Bagi anda pecinta otomotif saya akan sedikit berbagi tips buat anda. Tapi tips kali khusus kendaraan yang beroda 2 dan mesin 2 stroke atau 2 Tak. Disini saya akan menjelaskan cara perawatan motor 2 stroke yang pernah saya pelajari. Motor 2 stroke atau motor 2 Tak ini terbilang sangat mudah dengan cara perawatannya tidak seperti motor yang berteknologi injeksi pada umumnya.

Penjelasan dan pengalaman saya soal merawat motor 2 Tak
Pastikan motor anda dengan bahan bakar yang beroktan tinggi,karna dengan bahan bakar yang beroktan tinggi ini akan menghasilkan mesin dan tenaga lebih stabil dan memiliki performa dalam berkendaraan, dan jgn lupa setiap paginya anda juga mengharuskan untuk memanaskan mesin hingga mencapai 6 sampai dengan 7 Rpm tiap di pagi harinya. Berhubungan dengan karburator,karburator motor anda juga dapat dengan mudah membersihkannya dengan hanya membuka kap atau body motor ada sudah bisa mengambil atau mengangkat karburator tersebut. Pastikan untuk membersihkan karburator harus dengan teliti bagi yang belum berpengalaman membuka pasang karburator akan mendapatkan kesulitan ketika akan memasangnya kembali jadi pastikan ketika saat membongkar pasang karburator harus dengan teliti.

Perhatikan oli samping pada motor 
Ini yang harus diperhatikan adalah pemakaian oli samping. Oli samping menjadi salah satu oli yang sangat penting untuk kendaraan 2 Tak, selain oli samping untuk menstabilkan laju komposisi didalam blog motor, oli samping juga berguna untuk mesin agar menjadi bertenaga dan mempunyai performa.
Diwajibkan untuk mengecek setangah bulan sekali atau sering2 di cek karena oli samping tidak bisa jadwalkan, misalnya bulan depan harus isi oli samping dalam arti 1 bulan sekali sementara setiap harinya anda selalu mengendari kendaraan tersebut,nah disini saya akan lebih perjelas lagi bahwasanya oli samping tidak mesti kita targetkan harus di isi dalam 1 bulan sekali karena jika kendaraan tersebut sering kita pakai atau kita gunakan maka oli samping tersebut akan cepat berkurang dan habis dalam waktu yang singkat.

Apa resiko & kendala jika oli samping habis & motor tetap digunakan?
Resiko jika oli samping habis dan kendaraan masih tetap kita pergunakan adalah menghambatnya laju performa,kestabilan,dan yang paling beresiko adalah motor dapat berhenti dan mati mendadak tanpa ada pemberitahuan dan bisa terjadi hancurnya blog pada motor anda. Jadi pastikan selalu oli samping anda berisi.

Oli mesin pada motor 2 Tak
Bukan seperti motor 4 Tak yang lain pada umumnya. Motor 2 Tak tidak harus mengganti oli mesin dengan targaet tiap 1 bulan sekali, lain halnya seperti motor 4 Tak dan motor injeksi yang harus rutin ganti oli mesin tiap bulannya, motor 2 Tak tidak mengharuskan mengganti oli pada tiap bulannya karena mesin 2 Tak tidak membuat oli mudah cepat hitam dan kotor sehingga oli didalam perputaran selama 1 bulan oli mesin masih sangat bersih dan dapat digunakan untuk bulan berikutnya, tapi alangkah baiknya jika anda menggantinya 1 bulan sekali.

Semoga bermanfaat. tunggu ide-ide kreasi dan tips selanjutnya yang akan kami rangkum dan berbagi untuk anda. terima kasih.

Comments

  1. bongkar karbu yg sudah mesti buka tanki

    ReplyDelete
  2. Kalau motornya bebek 2tak agak repot bongkar karburatornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas kunjungannya, saya re-visit blog nya mas.

      Delete
  3. Kalo kerja keras dan berusaha pasti tu motor kebongkar mas, haha yang susah itu motor angsa, karena leher nya panjang wkwkwkw

    ReplyDelete

Post a Comment

Berikan kritik dan saran serta komentar Anda pada kolom pos komentar dibawah ini dan share jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih.